HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Dodol Ubi Serta Teh Daun Bidara Dan Teh Daun Serai Warnai Lounching RGG Desa Kebun Sungai Iyu

Lentera 24 .com | ACEH TAMIANG -- Minuman sehat dan menyegarkan serta makanan unik ternyata turut ambil bagian dalam mewarnai lounching Ruma...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Minuman sehat dan menyegarkan serta makanan unik ternyata turut ambil bagian dalam mewarnai lounching Rumah Gizi Gampong di Kampung Perkebunan Sungai Iyu Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Rabu (23/9/20).


Bahkan berdasarkan hasil amatan lapangan Lentera24, diketahui bahwa sebelum diresmikan pembukaan RGG di Kampung Perkebunan Sungai Iyu dimaksud, ternyata Datok Penghulu Kampung setempat, Ramlan beserta perangkat dan warganya ternyata telah mempersiapkan secara matang berbagai kebutuhan asupan gizi bagi masyarakat dan anak-anak disana.

Hal itu diakui langsung oleh Ramlan ketika Lentera24 menanyakan tentang adanya hidangan beberapa jenis minuman segar menyehatkan serta sejumlah jenis bahan siap saji yang dikemas dalam plastik. M

Menurut Ramlan, minuman dan makanan yang disediakan itu merupakan produk berbahan baku berbagai tanaman yang ada di desa itu yang sengaja diramu khusus persediaan di RGG yang baru diresmikan tersebut.

"Ada dua macam minuman teh yang disajikan. Yang ini bahannya kita buat dari daun serai yang setiap harinya selalu dimanfaatkan kaum ibu sebagai penyedap masakan. Dan sedangkan yang satu jenis minuman teh lagi kita buat dari daun Bidara," terang Ramlan.

Ramlan mempertegas, Teh daun Bidara dan teh daun Serai merupakan murni hasil karya tangan warganya. Bahkan kata Ramlan, ada satu lagi produk unggulan yang dibuat oleh warga Kampung Perkebunan Sungai Iyu yang sulit ditemukan didaerah lain.

"Makanan ini namanya dodol, kalau orang Jawa bilang, namanya Jenang. Biasanya dodol ini diolah dari bahan beras pulut atau ketan. Tetapi kalau dodol yang ini, kami buat dari umbi ubi kayu. Soal cita rasa, dodol ubi ini tidak mau kalah dengan dodol ketan atau pulut," terang Ramlan.

Memang benar yang disebutkan Ramlan tentang cita rasa spesial yang dihasilkan dari produk lokal desa itu. Lentera24 mencoba mencicipi kedua jenis minuman teh daun Bidara dan daun serai yang disuguhkan oleh Ramlan. Kedua jenis minuman tersebut, selain menebarkan aroma lembut, minuman teh daun Bidara dan daun serai itu juga memiliki rasa yang khas sekali. Begitu juga dengan dodol ubi yang sengaja disajikan diatas meja dalam acara itu yang rasanya jauh lebih nikmat dari yang dibayangkan sebelumnya. [] L24-002