HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

RGG "Perdana" Kecamatan Bendahara, Tumbuh di Desa Perkebunan Sungai Iyu

  Lentera 24 .com | ACEH TAMIANG --  Keberadaan Rumah Gizi Gampong (RGG) merupakan kebutuhan yang sangat penting sebagai sarana penunjang ma...

 Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Keberadaan Rumah Gizi Gampong (RGG) merupakan kebutuhan yang sangat penting sebagai sarana penunjang masyarakat yang sehat dan desa siaga Stunting.


Desa (Kampung) Perkebunan Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang merupakan Desa pertama dalam Kecamatan Bendahara yang menyelenggarakan program RGG tahun 2020.

Sebagai Desa perdana penyelenggara  program Rumah Gizi Gampong di Bendahara, diharapkan dapat memberikan tauladan sebagai Desa siaga Stunting yang berpenduduk sehat yang dapat ditiru bagi Desa-Desa lain di Kecamatan itu.

Berkaitan dengan lounching RGG dimaksud, dalam pidato sambutannya, Datok Desa Perkebunan Sungai Iyu, Ramlan menyebutkan, keberadaan RGG di Perkebunan Sungai Iyu dapat membantu menyelamatkan masyarakat dari gejala dan dampak penyakit, terutama bagi anak-anak balita.

"Untuk kesehatan bagi anak, pihak RGG Kampung Perkebunan Sungai Iyu ini, telah menyediakan berbagai jenis sebagai asupan menyehatkan bagi anak yang diproses secara alami dengan bahan baku lokal yang ada di Kampung ini," terang Ramlan.

Hal senada juga disampaikan Camat Bendahara, Fakhrurrazi Syamsuyar, S.STP. Disebutkannya, RGG bukan pemeran utama dalam penanganan kesehatan bagi anak, namun petugas RGG hanya membantu pihak petugas medis yang ditunjuk secara resmi oleh Pemerintah.

"Pemeran paling dominan dan memiliki peranan penting dalam pencegahan penyakit dan peningkatan gizi bagi anak terletak didalam rumah tangga masing-masing individu. Dan dari rumah tangga masing-masing, harus bisa mengatur pola hidup yang sehat. Ini bisa diawali dari segi makanan yang dikonsumsi setiap hari," ujar Camat yang akrab disapa Aji ini.

Dijelaskannya, pola makanan harus dijaga dari rumah dan tentunya harus sesuai dengan yang disarankan bidan dan petugas kesehatan

"Jika pola makan dalam rumah tangga tidak dijaga dan tidak diatur, seolah olah kita yang menciptakan sendiri stanting tersebut," ujar Aji.


Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Aceh Tamiang Rita Syntia, ST., MM menyampaikan, program Nasional Rumah Desa Sehat (RDS) yang Diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 18 tahun 2019 dengan diberi nama Rumoh Gizi Gampong (RGG).

Hingga sampai saat ini di Kabupaten Aceh Tamiang RGG tersebut sudah terbentuk di 27 Desa (Kampung). Ibu PKK Kabupaten Aceh Tamiang ini juga banyak memberikan masukan serta wejangan kepada masyarakat Kampung Perkebunan Sungai Iyu serta masyarakat  Kecamatan Bendahara dan para undangan yang hadir dalam Lounching RGG di Desa itu.

Pada kesempatan tersebut, Rita oleh panitia penyelenggara lounching RGG Kampung Perkebunan Sungai Iyu diberi penghormatan khusus untuk membuka secara resmi tirai plank nama RGG Kampung Perkebunan Sungai Iyu pertanda dimulainya pemanfaatan RGG di Kampung itu. [] L24-002