HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Distanbunak Aceh Tamiang Akan Salurkan 11 Unit Alat Pasca Panen Kepada Petani

Lentera 24. com  | ACEH TAMIANG --  Dinas   Pertanian Perkebunan Dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Aceh Tamiang akan menyalurkan 11 un...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Dinas Pertanian Perkebunan Dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Aceh Tamiang akan menyalurkan 11 unit alat pasca panen kepada petani melalui sejumlah kelompok tani (Poktan). Saat ini, alat-alat dimaksud sudah berada di Kantor Dinas yang dipimpin Yunus, SP.


Dari data yang ada, alat-alat pasca panen itu adalah Power Tresher multi guna (perontok padi) 7 unit, Cornseller (mesin perontok jagung) tiga unit.  Combine multi guna 1 unit. Semua mesin jenis perontok tersebut merupakan bantuan hibah kepada kelompok Tani yang menggunakan ABN Pusat tahun anggaran 2020.

Demikian ungkap Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Aceh Tamiang melalui Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman, Irwan Hadi, SP yang disampaikan Kasi Produksi Tanaman Pangan Dan Perbenihan, Deddy Anwar, SP dikantornya, Kamis (5/8/2020.


"Bantuan tersebut diusulkan oleh  Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang kepada Pemerintah Pusat melalui e-Proposal atas permintaan kelompok tani," sebut Kasi ini.

Deddy menambahkan, Pemerintah tetap memperhatikan rakyat petani yang diantaranya memberikan bantuan alat-alat pertanian untuk meminimalisir kehilangan hasil panen dan mempercepat penanganan hasil panen bagi petani.


"Bantuan tersebut bertujuan untuk membantu meringankan kerja petani disaat panen tiba, baik panen padi maupun panen jagung," ujar Deddy.

Diharapkan pula, imbuh Deddy, agar petani yang menerima nantinya dapat memanfaatkan bantuan alat dan mesin panen secara maksimal serta mengedepankan perawatan, menjaga dan merawat mesin tersebut secara baik agar masa pemaikaian barang bisa lebih lama.

Dari amatan Lentera24, barang bantuan hibah tersebut sudah sampai ke Aceh Tamiang dan yang terakhir kalinya diterima Distanbunak pada Kamis (5/8/2020).

"Alat dan mesin hasil penen ini akan kita salurkan kepada Kelompok Tani." pungkas Deddy. [] L24-002