HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Makin Canggih, Kini Buka Pintu Mobil Cukup Pakai Smartphone

Lentera 24 .com | TEKNLOGI -- Bidang teknologi selalu melahirkan ide-ide baru atau potensial dikembangkan secara berlanjutan. Tak terkecuali...

Lentera24.com | TEKNLOGI -- Bidang teknologi selalu melahirkan ide-ide baru atau potensial dikembangkan secara berlanjutan. Tak terkecuali di bidang industri otomotif. Dari era ke era, semakin banyak tersedia fitur canggih diaplikasikan.

Foto : Ilustrasi keyless system [Shutterstock]
Salah satu benda yang fiturnya terus dikembangkan adalah teknologi kunci mobil. Sebelumnya, kegiatan buka-tutup mobil adalah mengandalkan kunci secara manual. Dan kini, semakin dipermudah dengan pemakaian remote atau sistem keyless.

Selama kunci berada dekat mobil, membuka pintu cukup dilakukan dengan menekan tombol yang ada di area handle atau pengungkit pintu.

Melansir Carscoops, di masa mendatang, cara membuka pintu mobil sepertinya akan semakin canggih dan mudah. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan remote dari pabrikan. Akan tetapi cukup mengandalkan smartphone.

Belum lama ini, Apple dikabarkan tengah merancang fitur CarKey baru, yang nantinya disematkan pada iPhone ataupun Apple Watch yang sudah mendapat desain khusus untuk membuka kunci mobil.

Perusahaan IT raksasa, Apple telah menyematkan teknologi komunikasi medan dekat atau Near-Field Communication (NFC). Cara kerjanya, pengguna cukup memegang iPhone atau Apple Watch ke bagian reader atau fitur pembaca NFC. Hasilnya, kunci mobil atau car key secara otomatis berfungsi tanpa harus menggunakan pembantu identitas lainnya.

Selain itu, dengan Apple CarKey, pemilik mobil juga bisa membuka maupun mengunci pintu mobil tanpa kunci konvensional ataupun remote. Keunggulan lainnya, pemilik mobil bisa mengatur siapa saja teman atau anggota keluarga untuk memliki akses yang sama terhadap satu mobil.

Namun sayangnya, untuk saat ini belum ada keterangan resmi dari Apple, apakah teknologi ini sudah bisa digunakan secara umum dan jenis mobil apa saja yang bisa diberikan aplikasi ini. [] SUARA