HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kolaborasi Kemenag Dan Dinas Dikbud Aceh Timur, PAI Terlaksana

Lentera24.com | ACEH TIMUR - Ratusan utusan siswa/i SD - SMP di Aceh Timur mengikuti pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digelar oleh ...


Lentera24.com | ACEH TIMUR
- Ratusan utusan siswa/i SD - SMP di Aceh Timur mengikuti pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur dan kolaborasi  dengan Kemenag setempat yang di pusatkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 1 Idi) Idi Rayeuk pada Kamis (28/10/21).

Kadis pendidikan Aceh Timur Saiful Basri, S.Pd, M.Pd selaku Ketua Panitia kepada media ini menyebutkan pentas PAI dilaksanakan setiap 2 tahun sekali bekerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur dan Kemenag.

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam.

"Pentas PAI merupakan Agenda Rutin Kemenag, kita berkolaborasi juga dengan Cabang Dinas Pendidikan Aceh (Cabdin) dalam mensukseskan kegiatan ini, Kegiatan-kegiatan dalam Pentas PAI ini diharapkan mampu menumbuhkan minat dan niat yang kuat untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama, serta menampilkannya dalam sikap keseharian siswa yang
berakhlakul karimah,” ujarnya.

Keterampilan dan seni yang menjadi inti pentas PAI, juga diharapkan nantinya mampu mendekatkan seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama sehingga lebih mudah merasuk ke hati anak-anak.

“Nilai-nilai agama yang akan lebih mudah dijangkau dengan mengemas melalui seni yang sesuai dengan perkembangan jiwa dan psikologis mereka,” tuturnya.

"Untuk para peserta untuk tetap bersemangat, dan tetap menjaga protokol kesehatan," pungkas Saiful Basri.

Sementara itu, H.Salman, S.Pd, M.Ag Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, menyebutkan lomba pentas PAI tingkat Kabupaten Aceh timur tahun 2021 yang
diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kemenag Aceh Timur didukung oleh Pemkab Aceh Timur.

"Selain bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, juga dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik terhadap nilai-nilai ajaran Islam, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," paparnya.

Melalui kegiatan yang melibatkan peserta siswi, SMP, se-Kabupaten Aceh Timur yang membuka ini, berharap dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bersemangat untuk mempelajari dan mencintai PAI.

Adapun Pentas yang di perlombakan ialah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), Lomba Kreasi Busana (LKB). [] L24.Zal.

Teks foto ; Seorang Peserta sedang mengikuti Lomba Pidato dalam Pentas PAI di SMP N 1 Idi.