HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tujuh P2DP Gelar Verifikasi Kelengkapan Administrasi Secara Kolektif

  Foto : Tujuh panitia pemilihan datok penghulu (P2DP) melaksanakan Verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon datok penghulu | dok-red...

 

Foto : Tujuh panitia pemilihan datok penghulu (P2DP) melaksanakan Verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon datok penghulu | dok-redaksi

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Tujuh Panitia Pemilihan Datok Penghulu (P2DP) yang akan menggelar pemilihan Datok Penghulu di Tahun 2021 di Kecamatan Karang Baru melaksanakan verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon Datok Penghulu secara kolektif bertempat di Kantor Camat Karang Baru, Senin (15/2).

Ketujuh kampung yang akan melaksanakan pemilihan Datok Penghulu yakni Kampung SukaJadi, Kampung Tanjung Karang, Kampung Air Tenang, Kampung Pahlawan, Kampung Tanjung Seumantoh, Kampung Paya Kulbi, dan Kampung Dalam dengan total pemohon sebanyak 30 Orang.

Camat Karang Baru, Iman Suhery, S.STP, M.SP memaparkan bahwa dari 7 (tujuh) kampung yang akan melangsungkan pemilihan diantaranya 6 (enam) kampung karena habis masa jabatan Datok Penghulunya dan sisanya karena Datok Penghulunya meninggal dunia. Kegiatan verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon Datok Penghulu secara kolektif ini sebagai bagian dari tugas pengawasan.

"Hanya melaksanakan tugas sebagai bagian dari pengawasan. Bukan kami dari Forkopimcam tidak percaya dengan kinerja teman - teman panitia. Rata - rata yang bekerja di kepanitiaan mantan penyelenggara pemilu dan pilkada. Tentu kapabilitasnya tidak kita ragukan lagi," ujarnya.

Dirinya menambahkan dalam Pasal 38 ayat (2) Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Keuchik di Aceh mengamanatkan bahwa tugas pengawas salah satunya melaksanakan pengawasan pemilihan pada semua tahapan pemilihan. Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi kepada P2DP tentang tahapan pemilihan dan akan dilakukan pertemuan - pertemuan lanjutan sampai dengan tahapan pemungutan suara. 

"Misalnya aturan protokol kesehatan yang harus diperhatikan. itu juga harus disampaikan. Make Clarity lah poinnya. Sebisa mungkin diperkecil ruang terjadinya pelanggaran dan konflik," jelas iman.

Hal senada juga disampikan oleh Kapolsek Karang Baru, AKP Yozana Fajri Sidik AF SIK bahwa pelaksanaan pemilihan Datok Penghulu yang demokratis, aman, tertib, dan kondusif hanya dapat tercipta bila semua pihak turut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas).

"Harus di dukung semua elemen. Panitia sebagai penyelenggara harus menjaga netralitasnya. Masyarakat harus cerdas berdemokrasi. Para calon jangan ada yang money politik, jangan black campaign. Kalau kedapatan kita proses. Pidanakan," tegasnya.

Sementara itu, Danramil Karang Baru, Kapten Inf. Lumban Raja mengatakan bahwa dirinya beserta jajaran babinsa yang ada di Makoramil 02 KB siap turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilihan Datok Penghulu tahun 2021 di wilayah Kecamatan Karang Baru.

"Saya kira ini langkah yang baik untuk ditiru. Deteksi dini dan cegah tangkal. Intinya siap saling support, ini tugas kami bersama sebagai 3 (tiga) unsur pimpinan di kecamatan," tandasnya. [] L24-Zaq