Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE
FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Ads Place

BPJS Kesehatan Selalu Munculkan Inovasi Sesuai Kebutuhan Zaman

Lentera 24.com | LANGSA --   Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diakui masyarakat memberikan pen...


Lentera24.com | LANGSA --  Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diakui masyarakat memberikan pengaruh yang besar terhadap akses pelayanan kesehatan. Hidup di zaman serba canggih seperti sekarang ini tak heran apabila seluruh kegiatan dilakukan dengan menggunakan smartphone.  Di tengah wabah Covid-19 yang merebak di Indonesia, membuat Pemerintah berupaya menekan angka penyebaran virus dengan memberlakukan peraturan dan himbauan protokol kesehatan pada setiap lapisan masyarakat.

Memanfaatkan layanan tanpa tatap muka untuk berbagai kemudahan adalah hal yang sangat penting. Salah satu kemudahan yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan adalah Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa). Sejak adanya layanan Pandawa ini, telah banyak peserta yang memanfaatkan termasuk Fitria Phunna (27) mengungkapkan dengan adanya layanan tanpa tatap muka ini sangat membantu dalam mengakses kebutuhan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan ditenggah kondisi Fitria yang hamil muda saat ini.

“Saya keluar rumah hanya seperlunya saja, seperti sekarang ini karena ingin menjemput kartu identitas penduduk saya yg ketinggalan di kantor BPJS Kesehatan 3 minggu yang lalu saat diberitahu adanya Pandawa ini. Kalau saya ingin meminta informasi cukup melalui Pandawa saja, BPJS Kesehatan memikirkan semua pesertanya, sehingga di era Covid-19 ini tanpa ke kantor, BPJS Kesehatan tetap mencarikan solusi untuk melayani dan mencari kepuasan pesertanya,” kata Fitria kepada Wartawan, di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Langsa, Jumat (09/10).

Setiap fitur layanan di Pandawa mempunyai kode layanan yang ditampilkan saat masyarakat melakukan chatting untuk pertama kalinya. Langkah pertamanya, masyarakat bisa chat WhatsApp melalui nomor Pandawa masing-masing wilayah. Selanjutnya peserta akan mendapat balasan untuk menentukan pilihan layanan, kemudian masyarakat menjawabnya dengan format Nama Pelapor - Nama Peserta - Nomor KIS atau Nomor KTP - Nomor handphone Peserta - Jenis Kode Layanan - Domisili.

“Layanan ini sangat bagus, Pandawa ini solusi BPJS Kesehatan mengurangi resiko penyebaran Covid–19. Layanan Pandawa ini sangatlah sederhana penggunaannya dan tidak rumit sama sekali. Zaman sekarang, saya rasa hampir semua orang punya akun WhatsApp sekarang. Terimakasih BPJS Kesehatan yang selalu mengeluarkan inovasi sesuai kebutuhan zaman,” ungkap Fitri.

Jenis pelayanan yang dapat dimanfaatkan melalui Pandawa selain perubahan identitas, pengurangan anggota keluarga, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), cetak kartu, pendaftaran baru untuk peserta mandiri, perubahan data untuk PNS/TNI/POLRI, pengaktifan kembali kartu anak Pekerja Penerima Upah (PPU) yang berusia lebih dari 21 tahun, serta pendaftaran Bayi Baru Lahir. Adapun layanan tersebut dapat diakses dengan hanya mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor Pandawa BPJS Kesehatan Cabang Langsa. [] L24-004

Ads Place