HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pentingnya Penerapan Nilai Agama dan Moral Sejak Usia Dini di RA Masyitoh Al-Muttaqin

Foto : Ilustrasi/buguruku.com Maraknya Kids Zaman Now dan hilangnya karakter anak-anak dalam kehidupan sekarang membuat orang dewasa khawati...

Foto : Ilustrasi/buguruku.com

Maraknya Kids Zaman Now dan hilangnya karakter anak-anak dalam kehidupan sekarang membuat orang dewasa khawatir akan perkembangan anak-anak kedepannya. Masalah ini dapat ditanggulangi dengan melihat faktor-faktor penyebab terjadinya Kids Zaman Now, kemudian mengganti faktor-faktor tersebut dengan hal-hal yang lebih baik dalam Islam, pembangunan karakter merupakan masalah fundamental untuk membentuk umat yang berkarakter. karakter tersebut perlu diterapkan sejak anak usia dini. untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya penerapan nilai agama dan moral pada anak usia dini dengan benar.

Pentingnya nilai agama dan moral bagi anak usia dini. dalam hal ini tentu orang tualah yang paling bertanggung jawab, karena pendidikan yang utama dan pertama adalah pendidikan dalam keluarga. Keluarga tidak hanya sekedar berfungsi sebagai persekutuan sosial, tetapi juga merupakan lembaga pendidikan. maka dari itu orang tua wajib membimbing dan mengarahkan anak di lingkungan sekitar dalam pertumbuhan dan perkembangan mencapai kedewasaan masing-masing dan dapat membentuk kepribadian, karena pada masa usia dini adalah masa peletakan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, moral dan agama.

Perkembangan nilai-nilai moral dan agama adalah kemampuan anak untuk bersikap dan bertingah laku. Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait nilai nilai moral dan agama. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam ajaran Islam telah dijelaskan bagaimana proses pengembangan nili-nilai agama dan moral pada anak usia dini dapat diterapkan dengan benar.

dengan ini guru RA masyitoh mempunyai metode pengembangan nilai agama dan moral yang biasa diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini sebagai berikut: Metode Pembiasaan; Metode pembiasaan adalah metode awal dari anak untuk belajar terbiasa bertingkah laku sesuai dengan nilai agama dan moral. Seperti pembiasaan membaca doa sebelum mulai pembelajaran, mengucapkan dan menjawab salam,menghafal doa sehari-hari.Dengan ini kami selaku guru berharap pembiasaan tersebut dapat membentuk tingkah laku anak sampai dewasa.

Metode Bernyanyi;  Metode Bernyanyi adalah suatu pendekatan pembelajaran secara nyata yang mampu membuat anak senang dan bergembira. Dalam metode ini anak lebih mudah untuk memahami pesan pendidikan berupa nilai dan moral.

Metode Bermain; metode ini sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini . Karena, pada dasarnya anak usia dini masih banyak bermain. Didalam bermain banyak menerapkan nilai moral diantarannya bekerja sama,tolong menolong dan menghormati teman. Metode Outbond; Outbond merupakan suatu kegiatan yang me-mungkinkan anak untuk bersatu dengan alam.Cara ini dilakukan agar anak tidak hanya memahami apa yang diceritakan atau dituturkan oleh guru atau pendidik di dalam kelas. melainkan kereka dapat melihat langsung keadaan alam. 

Metode Bercerita; metode ink dapat dijadikan untuk menyampaikan nilai- nilai yang berlaku dalam masyarakat. Ketika bercerita seorang guru juga dapat memggunakan alat peraga untuk mengatasi keterbatasan anak yang belum mampu berfikir secara apbstrak.

Jadi, pendidikan agama dan moral untuk anak usia dini harus diberikan secara seimbang agar anak bisa memiliki kepribadian yang baik. Penanaman pendidikan agama dan moral kepada anak sejak usia dini adalah hal yang sangat penting karena jika anak hanya memiliki kepintaran saja tanpa akhlak, moral dan etika yang baik, maka kepintaran itu tidak akan bermanfaat kepada kehidupan si anak.[]

Pengirim : Refi Putri Azizah, Mahasiswa PIAUD INISNU Temanggung, Email : refipoetri700@gmail.com