HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Yang Bergerak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Nama        : Bayu Karunia Putra  Jurusan     : Ilmu Pemerintahan Instansi     : Universitas Muhammadiyah Malang Lentera 24 .com  |  Lembaga...

Nama        : Bayu Karunia Putra  Jurusan    : Ilmu Pemerintahan
Instansi     : Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com | Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah suatu lembaga, organisasi, atau komunitas yang anggota-anggotanya terdiri dari warga masyarakat sekitar yang didirikan langsung atas dasar sukarela atau inisiatif sendiri untuk dapat melakukan kegiatan yang berfokus pada pelayanan masyarakat umum tertentu, serta berfokus pada tujuan kemasyarakatan itu sendiri tanpa adanya memiliki tujuan untuk dapat memperoleh keuntungan dari kegiatan itu sendiri sebagaimana mestinya. 

Kita dapat ketahui bersama bahwa, lembaga swadaya masyarakat (LSM) ini organisasi yang berada di luar pemerintah atau brokrasi, yang dimana tugasnya ini membantu dalam urusan kinerja pemerintah yang condong pada kegiatan kemasyarakatan itu sendiri dan juga sekaligus mengawasi jalannya pemerintahan, agar kedepannya tidak terjadi yang namanya penyalahgunaan kekuasaan ataupun kewenangan. 

Oleh karena itu, lembaga swadaya masyarakat ini dibentuk sebagai wujud partisipasi masyarakat setempat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan juga selalu mengingat akan nilai kesejahteraan masyarakat, yang selalu menitik beratkan kepada pengabdian secara swadaya sebagaimana mestinya. 

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) selalu hidup dan berkembang di Indonesia yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila itu sendiri sebagaimana mestinya. 

Tentunya, prinsip-prinsip dalam nilai-nilai Pancasila ini selalu senantiasa diterapkan dalam setiap kegiatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bahkan juga bernegara itu sendiri. 

Kemudian, dalam perkembangannya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tersebut mempunyai lingkup kegiatan yang tidak terbatas pada lingkungan hidup saja, akan tetapi, mencakup pada bidang lain sesuai dengan apa yang diminatinya untuk tujuan meningkatkan taraf hidup dan juga kesejahteraan masyarakat itu sendiri, baik itu jasmani maupun rohani itu sendiri. 

Maka dengan begitu, lembaga swadaya masyarakat, dapat dijadikan sebagai mitra pemerintah, dan ini perlu dibina sebaik mungkin dengan berbagai jalan untuk dapat memberikan bimbingan, pengayoman, maupun itu dorongan itu sendiri sebagaimana mestinya.
               
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) memiliki peranan yang sangat penting bisa dikatakan begitu, khsusunya dalam pembangunan daerah Lombok Tengah itu sendiri.l, salah satunya, bisa dilakukan berbagai kegiatan yang dapat mendukung pembangunan dengan mencari investor yang dibutuhkan oleh Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Selain itu juga, LSM dapat didorong bergerak untuk mencari investor yang sangat dibutuhkan oleh Nusa Tenggara Barat itu sendiri, Lembaga Swadayaasyarakat ini juga diminta untuk menjadi jembatan dalam hal untuk penyelesaian berbagai masalah-masalah yang ada antara investor dan masyarakat itu sendiri sebagaimana mestinya. 

Karenanya LSM sangat butuh di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang selalu mencari investor yang cepat dan tepat, apalagi di Lombok Tengah investor itu banyak sekali adanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Yusron Hadi dalam kesempatan tersebut lebih banyak berbicara mengenai investasi dan potensi di sektor kelautan Nusa Tenggara Barat itu sendiri. 

Salah satu yang mencuat saat ini adalah terkait dengan regulasi lobster yang ada di Indonesia. Pemerintah saat ini memberikan izin untuk penangkapan, budidaya, maupun itu ekspor losbter melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020 tentang pengelolaan lobster, kepiting, dan rajungan di wilayah Indonesia. 

Secara teknisnya, pemerintah pusatlah yang selalu memberikan kuota budidaya khususnya lobster bagi masing-masing daerah terutama itu, nantinya, kita akan bersurat untuk dapat melihat potensi yang ada di daerah dan disampaikan langsung ke pusat untuk di tambah kuota untuk Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Oleh karena itu, betapa pentingnya adanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini dalam menompang suatu daerah dalam keberlangsungan pembangunan suatu daerah, agar lebih berkembang dan bahkan juga bisa jadi maju suatu daerah tersebut, khususnya dalam pembahasan ini pada daerah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
               
Jadi, Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) memiliki peranan yang sangat penting bagi tatanan kehidupan bermasyarakat itu sendiri. 

Dapat diketahui bersama bahwa, lembaga swadaya masyarakat ini bisa berfungsi sebagai alat pengembangan suatu daerah khususnya, salah satunya dalam mendukung pembangunan dalam segi investor salah satunya dan apalagi ini khususnya di bagian Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu sendiri. 

Maka dengan begitu, lembaga swadaya masyarakat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk penopang keberlangsungan suatu pengembangan dalam kehidupan bermasyarakat itu sendiri sebagaimana mestinya.[]L24.red