HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

DSI Aceh Tamiang Gelar Koordinasi Bersama 12 Imam Muda Hafiz

Lentera 24 .com | ACEH TAMIANG --  12 imam muda Hafidz dari seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang berkumpul di Dinas Syariat Isla...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- 12 imam muda Hafidz dari seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang berkumpul di Dinas Syariat Islam (DSI) Kabupaten Aceh Tamiang melaui forumnya melakukan koordinasi bersama DSI setempat.


Koordinasi yang digelar DSI melalui Bidang Dakwah dan Syiar Islam bersama para 12 imam hafidz dari 12 Kecamatan guna untuk mendalami serta penghayatan dari tugas pokok Imam hafidz Kecamatan sebagai imam rawatib setiap sholat lima waktu.

Demikian dikatakan Kepala DSI Kabupaten Aceh Tamiang Syamsul Rizal, S.Ag, kepada lentera24, Kamis (4/6). Dia mengatakan, untuk meningkatkan kualitas ibadah salat lima waktu dan menambah semangat jamaah sekaligus syiar Islam, sangat diperlukan setiap masjid memiliki imam hafidz.

Untuk tahap awal, sebanyak 12 orang imam hafiz dari 12 masjid Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang yang dimiliki  saat ini. ujarnya.

Sementara itu, Kabid Dakwah dan Syiar Islam pada DSI Kaabupaten Aceh Tamiang, Tamrindu Lubis, S.Pd menegaskan kalau para Imam Hafidz  bertugas di Mesjid Besar 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang itu merupakan para Imam Muda yang hafal Alquran.


"Sudah dapat dipastikan para imam muda tersebut dalam membaca ayat suci Alquran suaranya sangat  merdu," tukas Tamrin.

Lebih jauh Tamrin menyebutkan, dengan adanya Imam muda itu,  para jamaah akan lebih bersemangat dan nyaman dalam melaksanakan sholat 5 waktu di mesjid  mesjid Kecamatan sesuai dengan visi misi Bupati Aceh Tamiang yaitu meningkatkan Dinul Islam secara kaffah.

Masih menurut Tamrin, program kerja  DSI Kabupaten Aceh Tamiang di tahun anggaran 2021 mendatang, para Imam Hafidz dan Imam Mesjid Kampung  akan diikutkan dalam pelatihan Taksin Al Quran, Praktek Imam, Belajar Irama Seni Baca Al Quran, Melatih MAKHORIJUL HURUF dan lainya.

Program ini kata Tamrin akan di usahakan bekerja sama dengan DSI Provinsi Aceh, menurutnya pada tahap awal direncanakan untuk puluhan imam dulu yang akan dilibatkan dalam pelatihan, selanjutnya Tamrin berharap dimasa mendatang semua imam masjid dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang bisa memiliki imam hafiz.

"Hal ini salah satu cara untuk memakmurkan masjid. Ketika masjid sudah makmur, maksiat pasti akan berkurang, bahkan akan hilang. Dengan demikian, masyarakat akan hidup tenang, aman, damai  sejahtera," paparnya.

"Diimbaukan kepada masyarakat, agar ketika azan dikumandangkan oleh muazin di masjid-masjid, agar tidak ada lagi orang yang nongkrong di kafe, warung kopi serta berkeliaran di jalananan. Untuk itu diharapkan agar semua orang segera menuju masjid, untuk menunaikan ibadah Sholat berjamaah" terang Tamrindu Lubis.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang berharap agar program ini dapat disahuti dan didukung oleh pemerintah Kampong, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia ini, pungkas Tamrindu Lubis. [] L24-002