HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

UKM Pendorong Perekonomian Daerah

Kemajuan ekonomi dari suatu daerah merupakan suatu proses pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama ...

Kemajuan ekonomi dari suatu daerah merupakan suatu proses pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Kemajuan pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai proses kenaikan kapasitas pendapatan daerah. perekonomian dikatakan mengalami kemajuan apabila tingkat kegiatan ekonomi meningkat dari satu periode ke periode tahun berikutnya, yang berarti jumlah barang dan jasa yang dihasilkan bertambah besar.

Foto : Ilustrasi
Setiap upaya dalam memajukan pertumbuhan ekonomi daerah mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah. Dalam upaya untu mencapai tujuan tesebut. Pemerintah daerah dan masyarakatnya harus secara berama-sama mengambil inisiatif pembangunan daerah. Salah satu upaya dalam peningkatan tersebut melalui UKM yang ada di daerah tersebut.

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah suatu jenis kegiatan ekonomi atau usaha rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat dan memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Di Indonesia, UKM merupakan tulang punggung ekonomi. Ukm menyumbang 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan menampung 97% tenaga kerja dan sebagai salah satu faktor tersedianya lapangan pekerjaan sehingga angkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja menjadi berkurang. oleh karena itu Usaha Kecil Menengah berperan penting dalam mendorong pembangunan perekonomian daerah.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UKM hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja karena pendiriannya berdasarkan dari inisiatif masing masing individu, namun sebenarnya UKM banyak memberi kontribusi terhadap perekonomian daerah. Di kota Depok, UKM memberi sumbangsih sebesar 70% dalam peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Hal ini tidak lepas dari usaha Pemkot Depok yang berkomitmen dalam memfasilitasi para pelaku UKM melalui program-program percepatan atau peningkatan UKM yang dianggap berperan penting dalam memajukan perekonomian Kota Depok.

Peran UKM dipandang sebagai penyelamat dalam proses pemulihan ekonomi baik dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi maupun tenaga kerja dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan UKM dalam menjalankan perannya dapt dilihat dari kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, penyedia lapangan kerja terbesar, pemain penting dalam pengembangan usaha local dan pemberdayaan masyarakat dan sumber inovasi.

*Pengirim Rezky Amelia P Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia Jurusan Adm. Keuangan dan Perbankan, email : rezky.ameliaaaaa@gmail.com