HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

KIP Aceh Tamiang Himbau Warga Siapkan Dokumen untuk Pencoklitan

" Pencoklitan serentak dilaksanakan pada tangggal 17 April-17 Mei 2018. Baik dan Buruknya DPT Pemilu 2019 Sangat Bergantung Kepada Kine...

"Pencoklitan serentak dilaksanakan pada tangggal 17 April-17 Mei 2018. Baik dan Buruknya DPT Pemilu 2019 Sangat Bergantung Kepada Kinerja Pantarlih. Jika Pantarlih Bekerja Secara Optimal Dalam Proses Pemuktahiran Data Pemilih,  Maka DPT Pemilu 2019 Diharapkan Akan Lebih Akurat dan Berkualitas"

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Sebanyak 913 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2019 Kabupaten Aceh Tamiang, besok dapat dipastikan akan melakukan Pencocok Data Pemilih (Coklit). Coklit tersebut juga secara serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia. 


Untuk itu Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang menghimbau semua warga  untuk menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan (Surket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menyatakan yang bersangkutan sudah melakukan perekaman KTP-el dan yang bersangkutan telah terdata dalam Database Kependudukan.

"Semua warga yang sudah mempunyai hak pilih agar dapat menyiapkan KTP atau Surket atau KK", sebut Komisioner KIP Aceh Tamiang selaku Ketua Pokja Pemuktahiran Data Pemilih Pemilu 2019, Adi Sartika kepada Lentera24.com, Senin 16 April 2019 diruangannya.

Himbauan tersebut menurut Adi Sartika sehubungan dengan akan dilakukan Pemuktahiran Data Pemilih Pemilu 2019 mendatang. "Pelaksanaan Pemuktahiran Data Pemilih Pemilu 2019 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) akan mengunjungi pemilih dirumahnya masing-masing", jelas Adi Sartika.

Adi Sartika menambahkan pelaksanaan Pencocok Data Pemilih (Coklit) akan berlangsung dari tanggal 17 April hingga 17 Mei 2018 mendatang. "Dengan kesiapan warga menyiapkan yang dibutuhkan dalam Coklit sangat membantu Petugas Pantarlih dalam pencatatan untuk Coklit", terangnya.

Adi Sartika meminta kepada Petugas Pantarlih agar dapat melaksanakan tugas secara maksimal mungkin tanpa melakukan rekayasa dengan mengambil data melalui perangkat kampung saja, melainkan harus terjun langsung ke rumah-rumah pemilih. 

"Bagi warga yang melihat Petugas Pantarlih tanpa melakukan Pencoklitan disetiap rumah atau hanya ambil data dari perangkat agar segera melaporkan kepada pihak penyelenggaraan yang paling dekat yaitu PPK atau PPS", harap Adi Sartika.

Dengan melakukan pendataan disetiap rumah, sambung Adi Sartika dapat dipastikan data tersebut memiliki ke akuratan yang valid. "Baik dan Buruknya DPT Pemilu 2019 Sangat Bergantung Kepada Kinerja Pantarlih. Jika Pantarlih Bekerja Secara Optimal Dalam Proses Pemuktahiran Data Pemilih, Maka DPT Pemilu 2019 Diharapkan Akan Lebih Akurat dan Berkualitas", sebutnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya pendistribusian perlengkapan Pantarlih untuk Coklit sudah diserahterimakan kepada PPK disetiap kecamatan yang akan diteruskan oleh PPK untuk Petugas Pantarlih di masing-masing desa.

BACA JUGA : KIP Atam Distribusikan Perlengkapan Pantarlih

"Sebelum dilaksanakan Coklit serentak seluruh Indonesia, KIP akan menggelar Apel secara serentak juga disetiap kecamatan dipertandai Coklit dimulai", jelasnya.


Adi Sartika menambahkan Apel Bersama tersebut dilaksanakan disetiap kecamatan, namun untuk desa yang dekat dengan Kantor KIP, Petugas Pantarlih akan mengikuti Apel Bersama di Kantor KIP. 

"Coklit Serentak nanti akan dilakukan sampling coklit terhadap Top Leader di Aceh tamiang yaitu Bupati berserta Wakil Bupati, kemudian sampling Coklit juga akan dilakukan terhadap tiga Pimpinan DPRK Aceh Tamiang", sebut Adi Sartika mengakhiri. [] L24-005