HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

UMKM Bisa Membantu Mengembangkan Perekonomian Bangsa Indonesia

Zalaysa Puspita Isro'in Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis   Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Kita sebagai...

Zalaysa Puspita Isro'in Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com - Kita sebagai masyakarat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata UMKM. Apa sih sebenarnya UMKM itu ? UMKM singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah. Pengertian UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM biasanya dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil dan rumah tangga. 

Jenis barang yang ada di UMKM bersifat tidak tetap dan juga bisa berganti sewaktu-waktu sesuai dengan kesepakatan antar bersama.  Masyarakat Indonesia sebagian besar mempunyai kreatifitas tersendiri, contohnya membuat tas dari anyaman. Dengan itu, seseorang bisa memanfaatkan kekreatifannya itu untuk menghasilkan uang dan kemudian membentuk sebuah UMKM. Bukan hanya itu, seseorang yang hobi memasak bisa mendirikan sebuah bisnis kuliner rumahan. Potensi keuntungan yang didapatkan dari bisnis kuliner sangatlah potensial, dikarenakan makanan merupakan kebutuhan pokok semua orang.  Menggunakan teknologi yang sederhana dan mudah pun masyarakat  juga sudah bisa menciptakan UMKM. 

Dari data yang dilaporkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), total UMKM di Indonesia tembus 8,71 juta unit usaha pada 2022. Sebelumnya, kondisi UMKM sempat menurun pada dua tahun pertama pandemi Covid-19 yaitu di tahun 2020-2021. Pada saat itu banyak masyarakat yang belanja di online shop tanpa datang ke toko. 

Beberapa UMKM yang sudah canggih teknologi mempunyai akun online shop pendapatannya tetap dan semakin bertambah. Bisa dikatakan bahwa di Indonesia jumlah UMKM sangatlah banyak dan tersebar meluas. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang berjuang untuk bertahan dan sukses. Bukan hanya di perkotaan akan tetapi di pedesaan hingga sampai di pelosok terpencil pun juga sudah terdapat UMKM yang digunakan sebagai sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil. Masyarakat mampu membeli beragam produk dan jasa  secara langsung di daerah tempat tinggalnya tanpa harus pergi ke kota. Jadi, UMKM sangat membantu memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan baik pokok maupun sekunder. 

Nah sekarang bisa dibayangkan bagaimana jika tidak ada UMKM yang berkembang, pasti masyarakat harus pergi ke kota yang lumayan jauh dari pedesaan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. UMKM yang diciptakan masyarakat ini bisa menyediakan barang barang yang harganya jauh lebih murah. Biasanya jika harganya relatif murah masyarakat akan menjadikan langganan setiap pembelian. Selain itu, banyak masyarakat yang akan membeli di UMKM tersebut jika harganya relatif murah. Meskipun harganya murah, barang yang dijual tetap tidak ada perubahan atau barang barangnya masih baru dan bagus. Dengan begitu, masyarakat akan puas ketika membeli barang dari UMKM tersebut. 

Seseorang yang mendirikan UMKM harus mempunyai strategi yang bisa di aplikasikan pada bisnis UMKM  yaitu menjual produk yang menarik atau produk yang belum ada di sekitar lokasi. Produk yang menarik dapat dipasarkan dengan mudah. Biasanya seseorang dengan niat tidak membeli akan tetapi ketika seseorang tersebut dengan tidak sengaja melihat produk menarik UMKM yang dipasarkan maka seseorang akan penasaran dan akhirnya membeli produk UMKM tersebut. Selain itu, pelayanan yang baik seperti ramah dalam melayani pembeli sehingga bisa membuat seorang pembeli atau konsumen menjadi nyaman. Jadi, seorang pelayan harus membiasakan untuk ramah kepada setiap konsumen. 

Strategi-strategi yang telah disusun dan direncanakan akan membuat perusahaan membentuk masa depannya. Sehingga, usaha UMKM bisa berkembang lebih baik lagi. Strategi juga bisa membantu memberikan kesadaran tentang arah perusahaan menuju tujuan kedepannya dan mempertahankan keberlanjutan usahanya. Setiap daerah atau lokasi memiliki potensi yang baik untuk mengembangkan UMKM, sektor UMKM ini memiliki kontribusi yang besar dalam mempekerjakan tenaga kerja dalam suatu daerah. Banyaknya UMKM yang diciptakan masyarakat dapat membantu membuka lapangan pekerjaan untuk seseorang yang masih dalam pengangguran untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. 

Sebuah usaha kecil maupun usaha besar tentu membutuhkan pekerja untuk dapat membantu mengelola usaha tersebut sehingga usaha bisa lebih cepat berkembang. Sesuai dengan keahlian masyarakat yang dibutuhkan kriteria dalam UMKM bisa memanfaatkan lowongan pekerjaan yang dibuat untuk membantu mengelola UMKM. Apabila seseorang mempunyai keahlian tertentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin supaya bermanfaat bagi semua orang dan bisa menghasilkan uang. Para pelaku UMKM berharap agar tujua n program pembangunan UMKM ini bisa berjalan terus sampai tahun-tahun berikutnya. Sehingga penyerapan tenaga kerja yang tinggi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja. Selain itu juga bisa mengurangi kemiskinan sehingga berkurangnya angka pengangguran di Indonesia. Maka UMKM dijadikan sebagai pilar pertama perekonomian di Indonesia. Pemerintah akan terus memperjuangkan dan mendukung program UMKM di Indonesia demi kemakmuran masyarakat bangsa Indonesia. 

Di negara kita ini UMKM sangatlah penting bagi perekonomian di Indonesia. Meskipun kecil, UMKM telah terbukti bisa mendorong kemajuan ekonomi negara. UMKM bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja, akan tetapi bisa dipasarkan di Internasional. Kemajuan teknologi membuat UMKM menjadi cepat berkembang dan meluas. Tanpa harus datang ke negara Indonesia, dengan menggunakan gadget konsumen dari luar negeri bisa membeli atau memesan produk lokal tersebut. Sehingga konsumen hanya tinggal menunggu dari rumah saja, barang akan datang sampai tempat lokasi. Kemajuan teknologi tersebut juga sangat membantu memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi. 

Biaya yang dikeluarkan ketika pemasaran bisa disesuaikan sendiri dengan keperluan bisnisnya. Dengan begitu, masuknya barang UMKM di dunia Internasional tentunya sangat membawa keuntungan bagi negara kita ini. Bisnis UMKM akan meningkatkan devisa negara melalui ekspor barang ke konsumen luar negeri. Produk UMKM yang berkualitas yang telah dibuat masyarakat Indonesia akan menarik konsumen dari luar negeri sehingga devisa negara ikut bertambah. Jadi, apabila devisa bertambah atau nilai devisa tinggi maka negara tersebut memiliki sistem perkonomian yang baik dan mensejahterakan rakyatnya. ***