HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Penjagaan Kualitas Air Bersih

Pinkan Diah Pitaloka Mahasiswi Semester 1 ,  Fakultas Teknik Lingkungan Univesitas AKATIRTA (Akademik Teknik Tirta Wiyata)   pinkanpitaloka8...

Pinkan Diah Pitaloka Mahasiswi Semester 1
Fakultas Teknik Lingkungan Univesitas AKATIRTA (Akademik Teknik Tirta Wiyata) pinkanpitaloka868@gmail.com 

Lentera24.comAir adalah salah satu sumber daya alam terpenting di bumi dan bagian penting dari semua manusia. Dalam segala jenis kegiatan manusia, air merupakan kebutuhan pokok untuk menjalankan berbagai fungsi. Makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa air, oleh karena itu air diperlukan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Air dalam tubuh manusia bekerja sangat baik untuk mengisi kembali cairan tubuh dengan air minum. Selain sebagai pelepas dahaga dan manfaat utama air bagi tubuh lainnya, air juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan untuk menopang kehidupan. Air yang kita gunakan setiap hari untuk minum, memasak, mandi dan lainnya harus bersih agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk.

Air bersih adalah air untuk keperluan/ kebutuhan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat direbus dan diminum. Air bersih tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Air bersih sangat sulit didapat karena banyak orang membuang sampah ke mata air, sungai dan waduk yang dapat mencemari air. Air bersih yang tercemar menyebabkan penyakit organisme hidup, kematian spesies dan berbagai bencana alam. Hal ini mengganggu air bersih yang merusak ekosistem kehidupan makhluk bumi. Oleh karena itu, diperlukan salah satu upaya untuk mengamankan dan mengelola air bersih tersebut. Langkah-langkah berikut dapat diambil untuk mendapatkan dan memelihara air bersih:

1. Program penghematan air secara ekologis dilaksanakan untuk menjaga efisiensi penggunaan air dan menjaga ketersediaan sumber daya air.
2. Membangun tempat penampungan air seperti penampungan air, bendungan dan kolam untuk menjaga ketersediaan air untuk kebutuhan hidup. 
3. Penempatan dan pengolahan limbah domestik dan rumah tangga.
4. Jangan membuang sampah atau kotoran ke sungai.

Sumber Air Bersih, berdasarkan Pedoman Program Pembangunan Infrastruktur Perkotaan Terpadu pada Pedoman Perencanaan dan Rekayasa Bidang Air Bersih, menyatakan bahwa sumber air baku yang akan dibenahi terlebih dahulu adalah:
Mata air, yaitu terbentuknya air di atas permukaan tanah. Discharge sulit diprediksi kecuali dilakukan penelitian jangka panjang pada air. Sumur Dangkal, yaitu sumber air yang berasal dari pertambangan atau pengeboran yang kedalamannya kurang dari 40 meter. Sumur dalam, mis. air dari galian atau lubang bor yang dalamnya lebih dari 40 meter. Sungai, yaitu saluran air drainase yang terbentuk di hulu dari daerah pegunungan/tinggi hingga mengalir ke laut/danau. Pada umumnya air baku yang diperoleh dari sungai harus diolah terlebih dahulu, karena kemungkinan tercemar bahan pencemar sangat tinggi. Danau dan tampungan air (danau dan tampungan air), yaitu tempat penampungan air untuk sejumlah air dari sungai dan daerah tangkapan air hujan.

Sumber air minum adalah air hujan. Biasanya terkontaminasi sebelum menyentuh tanah, sehingga air minum tidak memenuhi persyaratan jika langsung disolder. air tanah (air permukaan). Yakni rawa, sungai, danau, yang tidak boleh diminum sebelum diolah karena air minum tersebut mudah terkontaminasi. Tempat pembuangan sampah yang tidak memadai atau pembuangan sampah yang tidak terkendali merupakan tempat berkembangnya berbagai organisme dan berbagai hewan seperti lalat, kecoa dan anjing, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit yang praktis menyebar dan mencemari lingkungan manusia di sekitarnya sehingga air minum tersebut tidak baik di konsumsi. Penyakit yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut:

1). Diare, kolera, dan tifus menyebar dengan cepat karena virus dari limbah yang dibuang sembarangan dapat bercampur dengan air minum.
2. Dengue (demam berdarah) juga dapat meningkat pesat di daerah yang pembuangan limbahnya tidak memadai. Penyakit jamur juga bisa menular, misalnya kurap.
3). Penyakit yang bisa menyebar melalui rantai kuliner. Contohnya adalah penyakit yang ditularkan oleh cacing pita (Taenia). Dahulu, cacing ini masuk ke dalam sistem pencernaan ternak berupa sisa makanan atau limbah.
4). Limbah beracun. Telah dilaporkan bahwa sekitar 40.000 orang di Jepang telah meninggal karena makan ikan yang terkontaminasi merkuri (Hg). Merkuri ini berasal dari limbah yang dibuang ke laut oleh pabrik pembuat baterai. 

Penyediaan air bersih bagi masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan lingkungan atau kesehatan masyarakat, yang berperan dalam mengurangi jumlah manusia, terutama penyakit yang berhubungan dengan air, dan juga peran mereka. dalam peningkatan taraf hidup atau taraf/kualitas penduduk. Penyediaan air bersih bagi penduduk Indonesia selama ini dihadapkan pada beberapa konflik yang cukup kompleks yang belum terselesaikan secara tuntas. Salah satu masalah yang masih kita hadapi saat ini adalah terbatasnya pelayanan yang diberikan oleh Masyarakat Air Bersih. Di negara kita, hal lain yang perlu diperhatikan adalah limbah. Sampah tetap ada dan terus menghasilkan kehidupan, jumlahnya berbanding lurus dengan jumlah penduduk, bisa dibayangkan banyaknya sampah di kota-kota padat penduduk. Konflik ini muncul ketika limbah menumpuk dan tidak dapat dikelola dengan baik sehingga mengakibatkan pencemaran air.

Adanya pencemaran air disebabkan oleh aktivitas manusia atau alam, misalnya disebabkan oleh letusan gunung berapi atau gas beracun. Pencemaran air berarti masuknya organisme biologis, bahan bakar dan komponen lainnya ke dalam air, atau perubahan urutan kegiatan manusia atau proses alam, yang menyebabkan kualitas air turun ke tingkat tertentu, mengakibatkan kekurangan air atau tidak berfungsi lagi. Zat atau bahan yang dapat menyebabkan pencemaran air lingkungan disebut polutan. Kondisi suatu zat disebut polutan, bila keberadaannya dapat menimbulkan kerugian pencemaran air bagi makhluk hidup. Pencemaran air memiliki efek negatif yang tidak dapat dihindari.

Dengan demikian kualitas air dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kita ketahui mengapa air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia. Selalu waspada terhadap lingkungan air sekitar Anda dan ikuti langkah-langkah kebersihan sesuai pengetahuan dan keyakinan Anda. Merawat air sebelum digunakan adalah salah satu tindakan kebersihan air yang dapat Anda lakukan. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk menggunakan air bersih setiap hari dan menjaga kualitas air bersih di sekitar kita. Adanya air bersih dapat membuat hidup kita sejahtera. ***