HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama pada Anak

Foto : ILUSTRASI PERAN orang tua tidak hanya mengasuh, melindunggi, dan memberi contoh melainkan juga untuk mendidik anak mereka. Mendidik a...

Foto : ILUSTRASI
PERAN orang tua tidak hanya mengasuh, melindunggi, dan memberi contoh melainkan juga untuk mendidik anak mereka. Mendidik anak harus dengan cara yang baik seperti mengajari anak sopan santun, berkata yang baik.  

Pendidikan bagi setiap makhluk sosial adalah hal yang sangat penting. Melalui pendidikan mereka bisa mengetahui hal-hal yang  sebelumnya tidak diketahui, baik itu  pendidikan formal maupun non formal atau pendidikan agama dan pendidikan umum. Pendidikan yang paling mendasar adalah pendidikan tentang agama. Pendidikan agama sangat penting bagi setiap manusia, katena agama adalah sebagai pondasi bagi kehidupan. Pendidikan agama dalam keluarga perlu dilakukan sejak usia dini sebagai bekal anak untuk masa depan.

Pendidikan agama diartikan sebagai pendidikan yang mempersipakan anak untuk menjalani peran yang dituntut menguasai pengetahuan tentang ajaran agama dan mengamalkan ajaran agamanya. 

Orang tua harus berperan aktif terhadap pendidikan agama anak hal-hal yang dapat dilakukkan adalah orang tua memberi contoh yang baik seperti anak diajak untuk shalat berjamaah bersama, mengaji bersama, sopan santun harus diterapkan dan disiplin ilmu.

Meskipun anak belum terlalu paham terhadap apa yang mereka lakukan tetapi mereka akan terbiasa dengan hal yang diajakan oleh orang tua mereka. Melalui pendidikan agama yang diterapkan sejak dini akan menumbuhkan hal yang sangatbesar bagi pertumbuhan rohani anak. Orang tua juga dituntut untuk memahami dan mengerti tentang agama sehingga apa yang diajarkan keanak tidak salah atau sesuai atuaran agama.[]***

Pengirim :

Ulya Muyasaroh, Mahasiswi PIAUD INISNU Temanggung, Email : ulyamuyasaroh@gmail.com