HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Hilangnya Identitas Nasional Di Era Milenial

Ahmad Zaini Dhahlan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com --- Setiap negara ...

Ahmad Zaini Dhahlan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com --- Setiap negara pasti memiliki identitas nasional, termasuk negara Indonesia. Lantas apa arti dari identitas nasional? identitas nasional merupakan Jati diri yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lainnya. 


Dari pengertian tersebut dapat kita pahami bahwasannya identitas nasional sangatlah penting. Jika suatu bangsa tidak memilki identitas nasional, maka bangsa tersebut tidak memiliki harga diri dan kehormatan. Dalam artian, bangsa yang tidak memilki identitas nasional akan mudah hancur dan dikuasai oleh negara lain.

      

Bagaimana identitas nasional di Indonesia? seiring berjalannya waktu, indetitas nasional di Indonesia mulai menghilang. Contohnya di era yang sekarang kita rasakan, yaitu era milenial. Banyak dari masyarakat terkhususnya dikalangan muda yang tidak memperdulikan akan pentingnya identitas nasional. Contoh hal kecil saja, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui seni-seni budaya yang terdapat di Indonesia, bahkan kebanyakan dari mereka pun tidak tertarik untuk mempelajari seni-seni budaya Indonesia. Karena menurut kaum milenial, seni budaya yang dimilki Indonesia adalah suatu hal yang kuno dan jadul. Sehingga mereka tidak tertarik untuk mempelajarinya, padahal seperti yang kita ketahui seni budaya yang dimilki Indonesia begitu beragam dan tidak kalah dengan budaya-budaya luar yang trending di masa kini.Bahkan ada beberapa seni budaya di Indonesia yang mendunia, salah satunya adalah reog, tari kecak, wayang, angklung, dan masih banyak lagi.


Bukan hanya itu saja,banyak dari masyarakat yang tidak menghormati dan menghargai perbedaan yang dimilki setiap suku dan budayanya. Padahal Indonesia, dikenal oleh dunia sebagai salah satu negara yang memiliki beragam budaya. Akan tetapi persatuan di Indonesia masih menjadi problem sampai sekarang, karena masih banyak diantara masyarakat yang saling menghina dan menjatuhkan satu sama lain.Seperti kasus yang baru terjadi di akhir-akhir ini, pada hari Selasa, 17 oktober 2021 yang terjadi di Bekasi.


Seorang penjaga proyek property menghina suku Betawi. Kasus ini terjadi karena ada seorang pemuda yang masuk ke dalam kawasan proyek milik pengembang PT PP Property di Pekayon, Bekasi Selatan.Dan akhirnya salah satu penjaga proyek melihat pemuda tersebut masuk ke dalam Kawasan, lalu penjaga proyek menginterogasi pemuda tersebut, karena pemuda tersebut menjawab terbelit-belit, si penjaga proyek pun mengeluarkan kata-kata sara yang menyinggung suku Betawi.Kasus itu dapat membuat perpecahan dan dapat menghilangkan identitas nasional  di Indonesia jika terjadi terus menerus.


Kenapa dapat menghilangkan identitas nasional? karena kita memilki semboyan “Bhineka Tunggal Ika”yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua, dan bhinneka tunggal ika ini merupakan salah satu identitas nasional Indonesia. Maka dari itu, kita harus menjaga persatuan kita,agar identitas nasional kita tidak hilang.

     

Jika masyarakat di Indonesia masih menganggap remeh akan pentingnya identitas nasional, maka kesejahteraan dan kemakmuran akan sulit kita dapatkan di negara Indonesia. Yang kita dapatkan dan rasakan hanyalah kehancuran, peperangan, perpecahan, dan kesengsaraan. Agar terhindar dari kejadian itu semua,kita harus menemukan Kembali identitas nasional yang telah lama kita miliki, sebelum identitas nasional kita benar-benar hilang.Jangan sampai kita tidak dapat menemukan kembali identitas nasional kita yang hilang, karena itu dapat membahayakan masa depan bangsa Indonesia.


Bagaimana upaya-upaya kita untuk menemukan kembali identitas nasional itu sendiri? yang pertama, berusaha menemukan Kembali dan membangun jati diri dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila kita akan menjadi lebih menghargai dan menghormati sesama, karena pada hakekatnya kita itu satu. Kedua, Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri,dan mengurangi konsumsi ketergantungan terhadap produk luar negeri. Yang ketiga, mencintai, menjaga, mengembangkan, dan melestarikan kebudayaan daerah.


Sebagai orang yang lebih tua,kita harus memperkenalkan budaya-budaya yang dimilliki, karena anak-anak zaman sekarang sedikit mengetahui budaya-budaya yang dimilki Indonesia, kebanyakan dari mereka hanya mengetahui budaya-budaya luar negeri. 


Setelah kita memperkenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia,kita memberikan contoh yang baik terhadap anak=anak untuk selalu mencintai dan melestarikan budaya di Indonesia.Yang keempat,menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar,sesuai kaidah kebahasaan,dan menghindari pencampuradukkan Bahasa asing.


Setelah kita mengetahui upaya-upaya agar kita dapat menemukan Kembali identitas nasional di atas,kita harus berjuang Bersama untuk mempertahankan identitas nasional kita. Dengan cara, mengimplementasikan upaya-upaya yang telah disampaikan penulis. Semoga dengan artikel ini,kita bisa menjaga identitas nasional bangsa Indonesia demi masa depan kita semua.***