HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Lembaga Pedidikan Vokasi akan didirikan di Aceh Singkil

Lentera 24 .com  |   ACEH SINGKI -- Provinsi  Aceh salah satu Provinsi di Indonesia yang mendapatkan keistimewaan dalam hal, penyelenggaraan...


Lentera
24.com
 | ACEH SINGKI -- Provinsi Aceh salah satu Provinsi di Indonesia yang mendapatkan keistimewaan dalam hal, penyelenggaraan kehidupan beragama, penyelenggaraan kehidupan adat, penyelenggaraan pendidikan, serta peran ulama dalam penetapan kebijakan daerah.


 Berdasarkan hal ini, Aceh Singkil sebagai bagian dari wilayan otonomi khusus Aceh, juga mendapatkan keistimewaan tersebut. Masyarakat Singkil berhak untuk menerapkan syariat Islam, menjalankan program pendidikan berbasis agama, berhak menjalankan tradisi sesuai akar sejarahnya, serta para ulama berperan aktif bersama Pemerintah Daerah untuk pengkajian dan penetapan kebijakan daerah.

Untuk menerapkan keistimewaan tersebut, Pemkab Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan Aceh menggandeng mitra Yayasan Tuah Singkil Raya untuk berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola masyarakat yang agamis, berpendidikan, berpegang pada nilai-nilai lokal, serta kebijakan Pemerintah yang memihak rakyat dan sesuai nilai-nilai islami. 

Pendiri Yayasan Tuah Singkil Raya, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Aceh mengatakan “Yayasan ini akan menjadi salah satu pilar dalam menjalankan sinergi bersama Pemerintah Daerah untuk merealisasikan masyarakat yang sejahtera, berkeadilan sosial, serta mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi”, ucapnya. Minggu (11/10/20).

Lanjutnya, “untuk itu Yayasan Tuah Singkil Raya bertekad untuk mendirikan Pesantren Modern Vokasi yang rencananya dibangun di Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil. Sebuah lokasi yang pernah dibangun beberapa sarana pendidikan oleh Pemerintahan Aceh pada tahun 2010 silam dengan lahan seluas 17 hektar. Pesantren Vokasi atau konsep pendidikan berbasis pesantren ini merupakan wadah pendidikan yang dibutuhkan masyarakat pada dewasa ini khususya masyarakat Aceh Singkil, “ tegasnya.

Beliau juga menambahkan “Selain itu kami juga merencaaka mendirikan sekolah setingkat SMA/SMK sederajat di Aceh Singkil, Sejalan dengan konsep vokasi yang menunjang pada penguasaan keahlian dan bakat peserta didik, memberikan edukasi untuk memudahkan peserta didik diterima dalam lingkungan kerja masyarakat atau menciptakan lapangan kerja,” jelasnya.

"Dalam mewujudkan tujuan, harapan dan gagasan ini, Yayasan Tuah Singkil Raya mengharapkan dukungan dan partisipasi Pemerintah melalui Dinas Pedidikan Aceh Singkil, Tokoh Agama dan segenap lapisan masyarakat Aceh Singkil. Hal ini merupakan cita-cita besar dan dibutuhkan kerjasama antar semua pihak yang terkait," tutupnya.[]L24-Fai