HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Cara Budidaya Pinang Betara

Lentera 24 .com | LINGKUNGAN -- Pinang (areca catechu) adalah tumbuhan yg secara alami tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika Timur. ...

Cara Budidaya Pinang Betara

Lentera24.com | LINGKUNGAN -- Pinang (areca catechu) adalah tumbuhan yg secara alami tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika Timur. Pinang termasuk salah satu palma terpenting karena banyak manfaatnya bagi manusia dan sdh jamak dibudidayakan.

Buah pinang kering diperdagangkan sebagai salah satu komoditi dunia dengan harga yang cenderung membaik dari waktu ke waktu. Negara-negara utama penghasil pinang adalah Indonesia, Thailand, Malaysia dan Myanmar. Biji pinang kering diekspor ke negara-negara India, Pakistan, Bangladesh dan Nepal.

Di negara-negara importir itu, biji pinang kering lalu diolah menjadi bahan pembuat obat, bahan pengawet warna tekstil, bahan dasar kosmetik dan juga dibuat menjadi makanan kecil berbentuk permen.

Penulis sendiri sudah menjadi pengepul buah pinang dan menanam pinang sejak masih berumur 8 tahun atau duduk di kelas 3 SD. Sebagai tulang punggung keluarga, penulis memilih menjadi pengepul pinang karena dapat dilakukan paroh waktu, yakni setelah pulang sekolah.

Saat ini sudah tersedia jenis pinang yg lebih baik untuk dibudidayakan. Yakni pinang betara. Pinang betara berasal dari daerah Jambi. Meski demikian, sebagian botanist berpendapat bahwa aslinya pinang betara berasal dari Pulau Mentawai, lalu dikembangkan orang di Jambi.

Kelebihan pinang betara dibanding pinang biasa lainnya adalah berbuah lebih cepat, yakni pada umur 3 sd 4 tahun; buahnya besar merata; masa trek atau kosong buah lebih singkat; dan ruas batangnya lebih pendek hingga tandan buahnya lebih banyak dan pohonnya lebih lambat meninggi. Tanaman pina

Ada pun potensi ekonomi brutto budidaya pinang betara per hektar per tahun dihitung sejak umur produksi, dengan keadaan harga saat tulisan ini dibuat, adalah sekitar rp.120.000.000. Penjabarannya bisa kita ikuti di bawah ini.

Menanam pinang sebenarnya mudah saja. Pinang, selayaknya tanaman palma lain tidaklah meminta syarat tanah yg ketat. Pinang bisa tumbuh dan berproduksi dengan baik di tanah humus, lahan gambut, tanah liat, tanah berpasir, ranah lempung hingga ranah rawa tepian sungai. Ketinggian habitat terbentang antara 1 hingga 1.300 mdpl.

Mula-mula buat lubang dengan jarak tanam 3x3 meter. Aturan barisan boleh baris mata empat saja alias baris tentara. Ukuran lubang 30x30x30 cm. Dengan demikian didapat 1.111 titik tanam dalam tiap satu hektar lahan. Di beberapa tempat, orang menanam pinang dgn jarak yg lebih rapat, misalnya dgn jarak 2,7 x 2,7 mtr. Tetapi jarak idealnya adalah 3x3 mtr tadi. Pinang yg ditanam lbh rapat akan tumbuh cepat meninggi, batangnya kurus hingga mudah patah diterpa angin kencang, dan buahnya lbh sedikit. Ini pengalaman penulis. Entah pula dengan pengalaman penanam pinang lain di daerah lain.

Setelah lubang selesai dibuat, aduk setengah tanah galian dengan 4 kg pupuk kandang, 100 gram dolomit dan 100 gram pupuk NPK. Masukkan adonan ke dalam lubang lalu biarkan seminggu. Usahakan agar tinggi medium timbunan tidak melebihi ketinggian tanah di tepian lubang. Kemudian tanam pinang di tengah permukaan timbunan medium. 

Jangan lupa membuka polibag pembungkus bola tanah pada bibit pinang yang sdh disediakan. Kedalaman penanaman setara dengan level bola tanah. Padatkan medium agar pohon tidak mudah tumbang, lalu siram secukupnya. 

Dengan cara demikian, maka kedalaman level medium di dalam lubang akan sedikit lebih rendah dari pada ketinggian tepian atas lubang. Terciptalah rorak atau lembah tangkapan air. Rorak berguna untuk menampung air siraman selanjutnya jika dibutuhkan. Juga akan menjaga pupuk agar tidak mudah hanyut oleh air hujan.

Pemupukan

Tiga bulan kemudian taburkan 25 gram pupuk NPK di sekeliling tanaman di dalam rorak. Pemupukan yg sama berikutnya setiap dua bulan sampai tanaman berumur setahun. Pada umur 1 sd 4 tahun, pemupukan dengan NPK 50 gram per pohon per tiga bulan. 

Selanjutnya pemupukan dengan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos atau pupuk pabrikan semacam merk Petroganik sebanyak 5 kg. Pupuk organik ditumpuk di satu titik saja di luar rorak. Pupuk organik yg ditabur akan mudah kering dan mengeras. Juga mudah hanyut oleh air hujan karena sifatnya yg ringan. Aplikasi pupuk organik dilakukan setahun sekali. Dengan arti harus tersedia 5.555 kg pupuk organik untuk detiap hektar kebun pinang setiap tahunnya. 

Aplikasi ini berlaku hingga memasuki masa produksi. Setelah memasuki masa produksi, maka pemupukan dengan NPK 100 gram per pohon per 3 bulan. Sedangkan pupuk organik tetap 5 kg per pohon per tahun. Ada pun dolomit diberikan setahun sekali sebanyak 100 gram perbatang, ditabur merata di daerah perakaran tanaman pinang.

Jika dirasa sulit untuk mendapatkan pupuk organik, pada lahan humus dan gambut, maka dapat diganti dengan pupuk kimia NPKMgO yg jumlahnya 1/20 dari berat pupuk kandang. Sedangkan pada lahan tanah liat atau tanah berpasir, aplikasi pupuk organik sifatnya wajib.
.
Hama

Hama yg pernah penulis temukan pada penanaman pinang adalah serangga berbentuk mirip kumbang yg menggerek daun pinang lapisan bawah. Daun tidak sampai berlubang tetapi bagian yg digerek kemudian menjadi berwarna kecoklatan. Mirip seperti terserang jamur hawar daun.

Hama yg lain adalah kutu kebul yg juga berdiam di lapisan bawah daun. Daun yg didiami kutu itu akan berubah warna menjadi bercak kuning lalu mencoklat.

Kedua hama tersebut dapat diatasi dengan penyemprotan insektisida berbahan aktif sipermetrin 100 SC. Dosis 1 sd 1,5 ml per liter air. Aplikasi seminggu sekali sampai hama terkendali. Semprotlah bagian bawah daun. Tambahkan perekat jika di musim hujan. Semua dapat dibeli di toko pertanian.

Atau jika Anda rajin, bisa juga hanya disemprot dgn cairan pencuci piring, spt merk Sunlight, Mama Lemon, atau lainnya. 100 gram cairan pencuci piring dilarutkan ke dalam 10 liter air lalu disemprotkan ke bagian bawah daun pinang. Aplikasi 4 hari sekali sampai hama terkendali.

Penyakit

Penyakit tanaman pinang yg pernah penulis temukan adalah bercak daun dan busuk pangkal batang. Bercak daun umumnya menyerang tanaman muda, sedangkan busuk pangkal batang menyerang tanaman pinang yg sdh mulai menua. Pangkal batang menjadi keropos dan lapuk. Pohon bisa jadi tumbang karenanya. Penyebabnya adalah jamur patogen.

Pada bercak daun, pengendalian dengan penyemprotan anti jamur alias fungisida. Bisa pakai merk Score 250EC, Amistartop atau Tandem. Dosis dan cara aplikasi lihat di etiket masing-masing.

Pada busuk pangkal batang, cegah dengan aplikasi dolomit 200 gram per pohon per tahun. Taburkan dolomit tipis merata di sekitar piringan tanaman. Baik juga jika dilakukan penyemprotan pangkal batang dan perakaran yg tampak,  dgn menggunakan fungisida Calixin 750EC, sejak pohon mulai berproduksi penuh atau umur 6 tahun. Aplikasi setiap 4 bulan untuk mencegah dan setiap minggu untuk mengobati.
.
Panen

Panen buah pinang tua yg sdh rata menguning dapat dilakukan dengan galah yg bersabit di ujungnya. Pangkal tandan buah pinang diegrek lalu buahnya dikutip. Bisa juga dgn hanya menunggu buah pinang jatuh sendiri. Cara ini tidak merusak pohon spt pada pohon sawit yg buahnya akan membusuk dan jadi sarang ulat serta jamur jika tidak dipanen.

Buah yg sdh terkumpul lalu dijemur di bawah sinar matahari. Biasanya makan waktu sepuluh hari jika cuaca panas. Buah pinang kering lalu dikupas dgn mesin pengupas pinang yg sdh banyak dijual di kota. Biji pinang kupasan lalu dijemur kembali 1 atau 2 hari. Kemudian dikemas dan siap utk dijual ke distributor. Harganya saat ini rp.12.000 sd rp.13.000 per kilogram.

(Kalo ada yg nulis harganya sampe lbh dari rp.50.000 per kg, berarti dia itu tukang ngarang. Saya udah 36 tahun main pinang belum pernah jumpa harga segitu).

Analisa sederhana hasil brutto menanam pinang satu ha.

1 ha = 1.111 batang. Anggap 1.000 batang saja yg berhasil.
1 batang pohon 1 bulan menghasilkan 1 tandan buah pinang yg bila dikeringkan akan jadi 1 kg biji pinang kering (hitung mininal). 

Dalam 1 tahun masa trek 2 bulan. Jadi tinggal 10 bulan.
1.000 batang x 1 kg x 10 bulan x rp.12.000 = rp.120.000.000 per tahun.

Saya bisa membantu info pembeli buah dan biji pinang dalam skala besar mau pun kecil. Yang penting barangnya ada dulu. Kalo belum ada , bisa tanam dulu.
.
Bandingkan dgn bertanam sawit dan karet yg hasil brutto nya hanya sekitar rp.25.000.000 per tahun. [] RED