HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Revolusi Industri 4.0 dalam Bidang Keuangan Pada Masa Pandemi Covid-19

Revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada...

Revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam pengaplikasiannya. Revolusi industri 4.0 merupakan salah satu pelaksanaan proyeksi teknologi modern Jerman 2020 yang diimpelentasikan melalui peningkatan teknologi manufaktur, penciptaan kerangka kebijakan strategis dan lain sebagainya.


Teknologi digital saat ini berkembang cukup pesat, hal ini ditandai dengan revolusi industri 4.0, dimana industri mengembangkan dan memanfaatkan teknologi untuk membantu mempermudah operasionalnya. Salah satu inovasi revolusi industri 4.0 dalam bidang keuangan adalah fintech. Fintech merupakan inovasi dibidang keuangan, keberadaan fintech (financial technology) mengubah mata uang menjadi digital agar lebih efisien.

Di era pandemi Covid-19 ini pelaksanaan revolusi industri 4.0 dalam bidang keuangan memiliki potensi dan peranan yang penting. Dimana inovasi dalam bidang keuangan yaitu fintech, dapat mempermudah masyarakat dalam menyalurkan donasi untuk membantu masyarakat serta tenaga medis dalam menghadapi virus corona ini. Revolusi industri 4.0 dalam bidang keuangan dapat membantu masyarakat dalam penyaluran dananya untuk digunakan sebagai sarana mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat akibat dampak dari Covid-19.

Selain itu, dengan adanya kebijakan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus corona adalah dengan melakukan physical distancing dan work form home (WFH), banyak pedagang-pedagang  yang akhirnya berjualan secara online, banyak yang memesan makanan atau keperluan lainnya secara online. Di era revolusi 4.0 berbagai inovasi sistem pembayaran dengan berbagai macam aplikasi pembayaran digital yang digunakan masyarakat, seperti Shopeepay, OVO, GO-PAY. Aplikasi pembayaran digital dapat mempermudah transaksi diberbagai macam aktivitas misalnya, pembayaran listrik, PDAM dan sebagainya.

Dalam keuangan syariah, revolusi industri 4.0 memiliki peranan dalam pembangunan berkelanjutan dalam ekonomi dan sosial masyarakat. Contohnya dalam pemberdayaan dan penyaluran instrumen keuangan sosial islam yaitu zakat,  infaq, sedekah dan wakaf. Dimana instrumen keuangan islam ini sudah dikemas dengan sistem dan aplikasi yang berteknologi canggih. Pemberdayaan ziswaf dengan sistem dan aplikasi yang berteknologi canggih dapat mempermudah masyarakat dalam penyaluran dananya ke lembaga ziswaf.

Dengan demikian, Covid-19 telah mempercepat kita beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Poin penting dari adanya percepatan revolusi industri 4.0 pada masa pandemi Covid-19 ini, telah menyadarkan masyarakat Indonesia untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat pada era revolusi industri 4.0 saat ini

Pengirim :
Dea Amelia Putri