HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kades Cantik Ini Janji Emban Tugas Dengan Baik, Begini Cara Dia Kelola Dana Desa

Lentera24.com | MANADO -- Desa Lopana, Kecamatan Amurang Timur merupakan satu dari beberapa desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang...

Lentera24.com | MANADO -- Desa Lopana, Kecamatan Amurang Timur merupakan satu dari beberapa desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang dipimpin oleh seorang hukum tua perempuan.

Foto : Tribunnews
Hukum tua ini sebutan untuk kepala desa di wilayah tanah Minahasa, Sulawesi Utara.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar memercayakan pengelolaan desa ini kepada Ysis D M Mangindaan, yang merupakan lulusan IPDN tahun 2008.

Ysis D M Mangindaan dilantik sebagai penjabat hukum tua pada 11 Juni 2019.

Wanita berkulit putih dan memiliki rambut sebahu ini berjanji akan mengemban tugas yang dipercayakan pimpinan dengan sebaik-baiknya.

Sebagai langkah awal, Ysis D M Mangindaan akan memanfaatkan dana desa (dandes) yang dikucurkan pemerintah tentunya demi kesejahteraan masyarakat di Desa Lopana.

Menurutnya, anggaran dandes tahap satu Desa Lopana mendapat kucuran dana sebesar Rp 151.403.800.

Ada empat pembangunan fisik yang tertata, selain itu ada pelatihan-pelatihan.

"Di antaranya pelatihan paralegal, bimbingan teknis untuk ibu-ibu PKK dan kegiantan di posyandu," kata dia di sela-sela kegiatan bimtek pengelolaan keuangan desa menggunakan aplikasi siskeudes di Sutan Raja Amurang, Selasa (9/7/2019).

Empat pembangunan fisik di Desa Lopana meliputi drainase Jalan Pinasungkulan dengan volume 40 meter.

Kemudian plat beton Jalan Pinasungkulan sepanjang 50 meter, pembangunan setapak Jaga IV sepanjang 86 meter dan plat beton Jalan G Mokaku sepanjang 91 meter.

Menurutnya walau baru menjabat sebagai kepala desa ia merasa nyaman dengan keramatamahan masyarakat di Desa Lopana.

Bagi dia masyarakat di desa tersebut sudah seperti keluarga sendiri.

"Selama saya masih terus dipercayakan sebagai hukum tua, saya akan bekerja maksimal demi masyarakat. Saya juga minta dukungan, bantuan dan kerja sama dari tokoh-tokoh masyarakat, BPD dan perangkat Desa Lopana," kata dia. [] TRIBUNNEWS