Disdukcapil Gelar Pelayanan Dokument Kependudukan di TMMD Sengkuyung 1 Desa Pangadegan

Lentera24.com | CILACAP -- Selama pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 di Desa Pengadegan banyak agenda yang dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat. Salah satu kegiatan non fisik yang dilaksanakan, Selasa (17/04) adalah membantu dan memudahkan masyarakat khususnya Desa Pangadegan  dalam membuat dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).



Kapten CTP Rudi Dwianto  Danramil 13/Majenang selaku Dan SST TMMD Sengkuyung Tahap 1 Kodim 0703/Cilacap  menyampaikan, bahwa kegiatan pelayanan pembuatan KTP ini terealisasi dengan mengandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap. "Hal ini sejalan dengan program TMMD Sengkuyung yang saat ini masih berlangsung. Dengan adanya kegiatan jemput bola ini diharapkan masyarakat bisa terlayani dengan mudah karena tidak perlu ke kantor Kecamatan", jelas Rudi.

Selaku Komandan SST Kapten Rudi  mengingatkan kepada warga bahwa dokumen pribadi merupakan kebutuhan pribadi yang sangat penting. "Jangan anggap KTP, itu tidak penting, karena selain membantu program pemerintah dalam pendataan, juga bermanfaat bagi kita untuk kelengkapan administrasi dalam mengurus segala sesuatu dalam kehidupan kita, lanjut Kapten Rudi menjelaskan.

Penjelasan Dan SST tersebut sangat beralasan mengingat beberapa warga menganggap bahwa dokumen pribadi tersebut tidak penting, karena kehidupan mereka hanya sebagai petani di kebun.

Dalam melaksanakan pembuatan dokumen seperti KTP, sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi kepada warga. Setelah sosialisasi, pada pelaksanaan 17 April ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap berhasil melayani 100 orang rekam data untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk,

Susi Maliawati, S.H Kasi Tata Pemerintahan sebagai ketua rombongan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap menyampaikan bahwa, dalam melayani pembuatan dokumen seperti KTP dibutuhkan kesabaran. "Berbagai karakter dan kepribadian serta sikap masyarakat, harus tetap dilayani dengan senyum. Masyarakat puas sebagai pertanda pelayanan kita sudah semakin baik", jelasnya.

Darmanto warga Kadununggal menyambut senang adanya program TMMD tentang kegiatan non fisik pelayanan di Balai Desa Pengadegan ini."Saya senang pak, ada pelayanan Dispendukcapil di Balai Desa Pengadegan. Saya tidak jauh-jauh ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kalau akan mengurus KTP ataupun KK", ungkapnya. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.