HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sistem Pengendalian Manajemen PT. Primafood International

Titin Sumiyati Mahasiswi Semester 6 Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pamulang Lentera24.com - Prima Freshmart merupakan salah satu...

Titin Sumiyati Mahasiswi Semester 6 Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pamulang

Lentera24.com - Prima Freshmart merupakan salah satu unit bisnis PT. Charoen Pokphand Indonesia melalui PT. Primafood International. Prima Freshmart adalah special store yang menjual ayam, telur, dan makanan beku dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau. PT. Charoen Pokphand Indonesia pertama berdiri pada tanggal 07 Januari 1972, beralamat di Jl. Anco Barat VIII No. 1, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta., 14430. Prima Freshmart hadir di Jakarta pada tanggal 08 April 2011. Dengan mengutamakan 5 program kerja didalamnya, yaitu:

• Service excellent
• Kebersihan dan kerapihan (sanitasi 
   hygine)
• Akusisi konsumen
• Tertib administrasi
• Inventory management

A. Visi 
Menjadikan PT. Primafood International sebagai retail pilihan utama konsumen belanja kebutuhan dapur dan produk frozen lainnya.

B. Misi
Menyediakan produk berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menyelenggarakan tata Kelola bisnis yang efisien, akuntabel, dipercaya, dan bertumbuh.

Analisis SWOT

SWOT merupakan analisis yang dilakukan dalam bisnis yang melihat kekuatan dan kelemahan dari internal, serta ancaman dan peluang dari eksternal.

Strengths

Kekuatan atau keunggulan dari Prima Freshmart dibandingkan dengan retail produk frozen food lainnya, yaitu:
- Harga lebih terjangkau karena kita 
  produksi dari pabriknya langsung
- Top Brand Fiesta
- Bisa pesan online dan gratis ongkir
- Ayam dapat dipotong langsung di toko

Weaknesses

Dibalik keunggulannya, Adapun kelemahan dari  Prima Freshmart, yaitu:
- Karyawan yang jumlahnya terbatas, 1 shift hanya 1 personil, sehingga bila ada delivery order yang minta diantar langsung suka tertunda dan kadang sampai dicancel.
- Karyawan yang memang harus loyalitas setiap hari dalam bekerja, sehingga banyak karyawan masuk dan keluar dengan cepat. 
- Sudah tidak sediakan kantong plastic untuk customer yang berbelanja ayam.
- Harga tas belanja ramah lingkungan yang cukup mahal dan hanya ada ukuran besar, jadi tidak worth it untuk customer yang membeli barang yang berukuran kecil atau sedikit.

Opportunity
Peluang Prima Freshmart dari factor eksternal, yaitu:
- Lokasi yang strategis dan mudah 
  dijangkau
- Harga bersahabat dibanding harga  
  frozen food lainnya
- Produk sudah terdaftar NKV
- Produk sudah bersertifikat MUI
- Bekerjasama dengan sudin tingkat provinsi atau kota untuk dapat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh sudin, seperti Bazar Pangan, Bazar Ramadhan, Jakpreneur, Dll.

• Threats
Selain adanya peluang, dari factor eksternal pun dapat meberikan ancaman, seperti:

- Wabah penyakit yang mungkin kita tidak tau kapan muncul, karnas ebelumnya wabah penyakit corona yang menjadi terbatasnya jam operasional.

- Kebijakan lingkungan sekitar yang terkadang ada ibadah, sehingga toko tutup dari jam operasional.

- Teknologi yang memang sangat pesat perkembangannya, dan harus tetap mengikuti perkembangan teknologi tersebut, yang memang masih sedikit lambat untuk realisasinya di Prima Freshmart.


i. Chief Eksecutive Officer berperan aktif dalam pengambilan keputusan, serta titik komunikasi antar dewan direksi dan pemegang saham.

ii. Chief Operating Officer pimpinan yang bertanggungjawab pada pembuatan keputusan administrasi dan operasional perusahaan. COO biasanya melapor langsung ke CEO.

iii. General Manager Kepala yang bertanggung jawab atas area yang dibawahinya, biasanya  General Manager ini memegang toko satu wilayah dalam provinsi atau pulau.

iv.  Operational Manager
kepala yang bertanggung jawab atas area yang dibawahinya, biasanya Operational Manager ini memegang toko dalam beberapa kota.

v. Area Koordinator
Bertanggungjawab dalam memonitoring langsung toko-toko yang dibawahinya, biasanya Area Koordinator ini memegang 10-20 toko.

vi. Food Advisor
Bertanggung jawab untuk mengelola toko, serta meningkatkan sales toko setiap bulannya.

Sistem Pengendalian Internal
Sistem pengendalian internal dalam Prima Freshmart menurut saya sudah berjalan baik dan bisa dibilang ketat dengan Sistem Informasi Manajemen yang ada. Saat ini di Prima Freshmart terus mengembangkan system dalam pengendalian manajemen agar meminimalisir terjadinya kecurangan dalam karyawan, beberapa Sistem pengendalian internal di Prima Freshmart yang diterapkan:

Absensi : dari segi penegndalian absensi yang sudah menggunakan aplikasi mobile actsys, yanag mana diaplikasi ini karyawan hanya bisa absen di toko yang ia tempati, di mobile actsys ini karyawan hanya bisa menggunakan 1 hp yang sama dia login untuk absen, dan karyawan sudah disetting batas ambang untuk absen masuk, sehingga kalau ada karyawan terlambat dikenakan potongan gaji dari setengah gaji karyawan sehari.

Stock Opname : Stock Opname yang dilakukan oleh audit internal untuk penyesuaian barang antara fisik dengan system yang dilakukan sebulan sekali, maka ini dapat memberikan penilaian terhadap karyawan tersebut apakan terindikasi melakukan kecurangan yang dapat menimbulkan kerugian terhadap perusahaan, sehingga bila ada selisih hasil stock opname minus, karyawan wajib untuk membayar atau mengganti rugi selisih tersebut.
 LockStock: Lockstock merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memonitoring barang secara realtime, agar tau bahwa barang tersebut memang persediaannya masih ada atau tidak, atau barang tersebut ada selisih atau tidak, sehingga memudahkan karyawan dalam stock opname manual,
CCTV: CCTV yang terpasang di area penjualan toko bertujuan untuk memonitoring karyawan agar disiplin sesuai SOP, serta tidak melakukan kecurangan atau manipulasi dalam bekerja.

Sistem pengendalian Eksternal prima Freshmart

Tidak hanya system penegndalian internal saja yang diterapkan dalam Prima Freshmart, Adapun pengendalian eksternal yang diterapkan, yaitu:

• Melakukan audit eksternal bersama sudin, untuk mendapatkan kelayakan produk yang dijual sudah bersertifikasi NKV.
• Mengikuti kegiatan masyarakat sekitar, seperti Buka stand bazar dalam kegiatan jumantik, senam mingguan warga, Dll. Untuk meningkatkan hubungan baik dilingkungan sekitar dan sebagai bentuk pengenalan brand ke masyarakat
• Melakukan upgrade teknologi dalam transaksi untuk meminimalisir adanya kecurangan dan manipulasi oleh karyawan
Menyediakan APAR, untuk antisipasi terjadinya kebakaran.

Pengawasan dan Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen di Prima Freshmart

Pengawasan dan evaluasi system pengendalian manajemen dijalankan dengan baik. Oleh karena itu, banyak sekali perkembangan-perkembangan teknologi dalam Prima Freshmart karena banyak kasus yang ditemukan dilapangan yang tidak sesuai SOP, seperti titip menitip absen dalam 1 device hp yang sama, sehingga perusahaan mengembangkan aplikasi actsys yang hanya bisa dilogin oleh satu akun dalam satu hp. 

Begitupun dalam melakukan transaksi non-tunai yang memang banyak sekali ditemui kecurangan dean adanya kekurang telitian pada karyawan, maka perusahaan mengembangkan teknologi dalam transaksi non-tunai dengan EDC ECR. Dan dikembangkannya aplikasi AX di computer dalam memilih konsumen e-payment, hanya bisa diklik dengan konsumen epaymentnya itu tersebut, agar tidak terjadi selisih transaksi antara merchant yang satu dengan yang lainnya.***