HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

AJI Langsa Latih Digital Safety Puluhan Jurnalis

Lentera24.com | LANGSA - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Langsa menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Digital atau Digital Safety Training k...


Lentera24.com | LANGSA -
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Langsa menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Digital atau Digital Safety Training kepada puluhan jurnalis yang bertugas di Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang, Rabu 15 Maret 2023.

Ketua AJI Langsa, Mustafa Rani mengatakan, kegiatan pelatihan Digital Safety tersebut difasilitasi AJI Indonesia dengan dukungan Google News Initiative. 

Sebelumnya, kata Mustafa Rani, 20 perwakilan AJI Kota lainnya sudah mengikuti Training of Trainer (ToT) Digital Safety di Jakarta, pertengahan Februari 2023 lalu, termasuk AJI Langsa oleh Said Maulana jurnalis TVRI Aceh. 

Dikatakan, tingginya jumlah penggunaan internet dan perangkat digital saat ini membuka pintu akan terjadinya serangan digital. Salah satu kelompok rentan terhadap serangan digital adalah jurnalis. Pemicunya, karena profesi ini selalu menuntut fakta di hadapan publik. Di sisi lain, ada pihak yang merasa gerah dengan penyampaian fakta itu.

"Kalau dulu serangan langsung dilakukan secara fisik, saat ini lebih menguat ke serangan digital. Tujuannya untuk merusak dan mencuri data, hingga menyerang pribadi seseorang di dunia maya. Itulah sebabnya, AJI menggelar pelatihan keamanan digital untuk anggotanya," terang Mustafa Rani.

Dirinya berharap, melalui pelatihan ini, para jurnalis dapat memahami jenis-jenis serangan digital, cara mencegahnya dan tindakan mitigasi bila serangan tersebut kadung terjadi. []L24.Edd