HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Ratusan Pelajar di Ponorogo Hamil di Luar Nikah

Peni Aprilia Mutmainah Mahasiswa Semester 1 Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Lentera24.com - Ratusan pelajar ...

Peni Aprilia Mutmainah Mahasiswa Semester 1 Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Lentera24.com - Ratusan pelajar di Ponorogo, Jawa Timur, hamil diluar nikah. Berawal dari banyaknya siswi yang mengajukan dispensasi nikah. Berdasarkan data dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Ponorogo menyebutkan sebanyak 191 pemohon mengajukan dispensasi kepada Pengadilan Agama Ponorogo pada tahun 2022. Sementara setahun sebelumnya, pada 2021, jumlahnya mencapai 266 pemohon. Sedangkan pada awal tahun 2023 ini sudah ada sebanyak 7 kasus yang sama. Rata-rata kasus ini terjadi pada siswi SMP dan SMA. 

Hal ini tentu menjadi perbincangan yang hangat di kalangan warganet. Mereka beranggapan bahwa sampai terjadi hal seperti ini karena salahnya pergaulan dan juga pengaruh media sosial. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Ponorogo.
"Mereka banyak dipengaruhi banyak fasilitas yang dipakai untuk nongkrong, anak-anak juga menjadi dewasa sebelum waktunya karena media sosial," ujarnya, Kamis 12 Januari 2023.

Tak hanya sampai di warganet. Hal ini pun ditanggapi oleh Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas. Beliau mengatakan bahwa ini adalah bentuk dari kegagalan kita mendidik anak. 
"Dari hal tersebut, kita tahu bahwa kita telah gagal dalam mendidik anak-anak kita dengan akhlak dan budi pekerti yang baik," ujarnya, Jumat 13 Januari 2023.
Namun, Anwar juga mengatakan hal ini tidak bisa menjadi tanggung jawab dari pihak sekolah ataupun orang tua saja. Tetapi ini menjadi tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.

Anwar menilai bahwa saat ini ajaran agama dan budaya indonesia sudah sangat diabaikan terutama di kalangan anak muda. Sehingga budaya asing seperti pergaulan bebas sangat mudah berkembang di Indonesia. Padahal masyarakat indonesia dikenal menjunjung tinggi nilai-nilai dari ajaran agama dan budaya yang ada di Indonesia.***
 
Sumber gambar : https://pin.it/4wHZtXh
Sumber info : 
https://nasional.okezone.com/amp/2023/01/14/337/2746340/mui-nilai-ratusan-pelajar-ponorogo-hamil-lantaran-gagalnya-mendidik-anak?page=2
https://vt.tiktok.com/ZS8BhEH9j/