HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PMM UMM Kelompok 36 Gelombang 6 Tahun 2022 Meningkatkan Kreativitas Pelajar SDN Gadingkulon 1

Lentera24.com | MALANG - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 36 Gelombang 6 tahun 2022, Universitas Muhammadiyah Malang, te...


Lentera24.com | MALANG - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 36 Gelombang 6 tahun 2022, Universitas Muhammadiyah Malang, tertuju SDN Gadingkulon 1 dengan meningkatkan Kreativitas anak melalui pembuatan pot dari handuk bekas.


Hal itu dikatakan Dhea Surya Shantika selaku koordinator Kelompok 36 Gelombang 6 PMM Universitas Muhammadiyah Malang, didampingi, Rivalda Amalia Chamdi, Suci Friska Ardianti, Firnanda Dewi Kumalasari, dan Dezna Ngesty Vitryska. 


Mahasiswa PMM yang sedang menjalankan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa di Sekolah Dasar Negeri Gadingkulon 1 bertujuan meningkatkan Kreativitas melalui pembuatan pot dari handuk bekas.


Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan proses akhir tahap belajar mengajar bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa UMM. Kegiatan PMM ini dilaksanakan secara berkelompok dengan jumlah anggota 5 orang.


Adapun mahasiswa PMM Kelompok 36 Gelombang 06 tahun 2022 terdiri dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang beranggotakan Dhea Surya Shantika selaku koordinator, Rivalda Amalia Chamdi, Suci Friska Ardianti, Firnanda Dewi Kumalasari, dan Dezna Ngesty Vitryska.


PMM Kelompok 36 Gelombang 06 tahun 2022 ini berlokasi di SD Negeri Gadingkulon 01, yang berada jalan Krajan, Ds. Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kab.Malang Prov. Jawa Timur. 


Adapum alasan kami memilih di SD Gadingkulon 01 untuk menjalankan PMM karena sesuai dengan program kerja yang kami laksanakan, kata Dhea.


Kegiatan PMM dilaksanakan oleh kelompok 36 dengan melakukan kegiatan yang melibatkan peserta didik dalam menuangkan kreatifitasnya. 


Kegiatan tersebut diantaranya mengajak siswa untuk memanfaatkan barang bekas yang ada dilingkungan sekitar seperti handuk bekas. Handuk bekas dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pot bunga.


Pembuatan diawali dengan memotong handuk bekas menjadi persegi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, memberi lubang pada handuk yang berguna sebagai drainase air dan akar tanaman bisa tumbuh serta berkembang keluar dari pot. 


Dilanjutkan dengan pembuatan adonan semen dan lem untuk melumuri handuk sehingga hasil akhir pot dari handuk menjadi lebih kokoh.


Proses selanjutnya,menyiapkan pot dan timba bekas sebagai cetakan pot handuk. Handuk yang sudah dilumuri adonan kemudian diletakkan pada cetakan, dan tidak lupa untuk dirapikan. Kemudian handuk yang sudah di cetak dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering keluarkan pot handuk dari cetakan. 


Untuk mempercantik pot, dapat memberi warna dan mengkreasikannya sesuai selera dengan menggunakan cat tembok. Lalu jemur kembali, tunggu cat hingga kering dan pot handuk siap di gunakan.


Tujuan PMM kelompok 36 gelombang 6 tahun 2022 terhadap kegiatan yang dilakukan yaitu agar semua peserta didik dapat memanfaatkan barang barang bekas yang ada dilingkungan sekitar menjadi barang yang bermanfaat serta dapat membuat peserta didik meningkatkan kreatvitas dan menuangkannya menjadi sebuah karya imajinasi. []L24.Sai