HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

RA Masyithoh Al Iman Tlogorejo Siapkan Generasi Tangguh Menuju Era Millenial

Pendidikan merupakan salah satu upaya pelestarian moralitas yang sangat berpengaruh dalam kehidupan suatu bangsa. Kehidupan suatu bangsa, me...


Pendidikan merupakan salah satu upaya pelestarian moralitas yang sangat berpengaruh dalam kehidupan suatu bangsa. Kehidupan suatu bangsa, membutuhkan pendidikan sebagai suatu alat untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang bermutu dan berpotensi . Pendidikan dalam hal ini tidak terlepas dari peran lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memberikan bimbingan dan pengenalan mengenai Nilai Agama dan Moral kepada anak sejak usia dini. 

Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa, penerus cita-cita bangsa, penentu maju mundurnya kehidupan suatu bangsa. Pada masa usia dini anak akan mudah sekali menangkap, mengingat, dan meniru apa yang ia peroleh baik itu dari melihat ataupun mendengar. Karena masa usia dini adalah masa emas atau Golden Age tumbuh kembang anak. Anak usia dini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memberikan pendidikan yang baik dan layak agar mereka tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh, berkarakter, bermoral, berkepribadian yang baik, sopan dan santun, berpotensi tinggi, serta berakhlakul karimah.

Untuk mewujudkan itu semua tidaklah semudah kita membalikkan telapak tangan. Peran orang tua dan tenaga pendidik sangat dibutuhkan dalam menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam menghadapi tantangan era millenial, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) RA. Masyithoh Al Iman Tlogorejo , dengan segenap tenaga pendidiknya berupaya menciptakan generasi muda yang beriman, berkarakter, dan berpotensi. Islam merupakan ajaran yang sempurna. Kesempurnaan tersebut mencakup aturan mengenai pendidikan anak usia dini. Pendidikan usia dini dalam islam telah dalam mengajarkan strategi yang tepat dalam mengembangkan Nilai Agama dan Moral. 

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu upaya pelestarian moralitas yang sangat berpengaruh dalam kehidupan suatu bangsa. Pendidikan Anak Usia Dini mencakup pembinaan atau pengembangan terhadap Nilai Agama dan Moral yang berperan dalam memperbaiki kehidupan suatu bangsa. Dalam memperbaiki kehidupan bangsa, perlu adanya kolaborasi antara ilmu ( sains ) dan pengembangan Nilai Agama dan Moral. 

Adapun strategi pengembangan Nilai Agama dan Moral pada PAUD yang dapat dan sesuai ajaran islam, yang diterapkan di RA Masyithoh Al Iman Tlogorejo adalah sebagai berikut : 1) Penanaman Nilai Agama dan Moral melalui kegiatan pembiasaan.

Diantara kegiatan pembiasaan yang diterapkan di RA. Masyithoh Al Iman Tlogorejo adalah berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, melafalkan asmaul husna, melafalkan kalimat toyibah, melafalkan bacaan sholawat atas Nabi Muhammad S.A.W, melafalkan bacaan surat-surat pendek, melafalkan mutiara hadist, melafalkan doa-doa harian; 2) Penanaman Nilai Agama dan Moral melalui kegiatan terintegrasi, diantaranya adalah memberi dan membalas salam, penanaman sikap sopan santun, mengucapkan terimakasih, menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah, menyanyikan lagu-lagu bernuansa islami, mengajarkan dan menanamkan sikap bersyukur kepada anak.

Selanjutnya, 3) Penanaman Nilai Agama dan Moral melalui kegiatan khusus, diantaranya adalah dengan mengajak anak untuk melakukan praktek wudhu, praktek sholat, mengaji iqra’, melafalkan bacaan-bacaan sholat, melakukan manasik haji, menanamkan sikap berbagi dan bersedekah, berkunjung ke tempat ibadah; 4) Membuat perencanaan kegiatan pengembangan berupa dokumen PROTA, PROSEM, RKH, RPPM, secara terencana dan terprogram; 5) Menerapkan kurikulum Aswaja dalam proses pembelajaran; 6) Mengadakan wisata religi setiap satu tahun sekali; 7) Penanaman Nilai Agama dan Moral pada kegiatan inti pembelajaran dengan cara bercerita tentang alam semesta beserta isinya, penanaman rukun iman, penanaman rukun islam, penanaman sikap-sikap tauladan Nabi Muhammad S.A.W, pemberian contoh perbuatan yang baik dan yang buruk, mengaitkan tema kegiatan dengan kekuasaan Allah melalui kegiatan bernyanyi  lagu-lagu islami.

Berikutnya adalah 8) Menanamkan sikap disiplin, saling menghormati dan menghargai, mengerjakan tugas sampai selesai dengan penuh tanggung jawab; 9) Menanamkan rasa cinta tanah air, dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin; dan 10) Menanamkan rasa cinta kepada Allah, dan rasa sayang kepada sesama makhluk ciptaan Allah.

Untuk melaksanakan strategi Penanaman Nilai Agama dan Moral tersebut bukanlah suatu hal yang sangat mudah. Kerjasama antara tenaga pendidik dan orang tua sangat dibutuhkan . Anak adalah amanah, aset bangsa, penentu masa depan bangsa, yang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dengan semangat pantang mundur, dan rasa memiliki , serta semboyan ikhlas beramal , segenap tenaga pendidik RA. Masyithoh Al Iman Tlogorejo bertekad mencetak anak didiknya menjadi penerus masa depan bangsa yang tangguh, dengan menanamkan Nilai-nilai Agama dan Moral sejak usia dini. “ Maju Terus RA. Masyithoh Al Iman Tlogorejo, kepakkan sayapmu setinggi bintang di angkasa“.[]  

Pengirim : Retno Puji Astuti, Mahasisiwi Prodi PIAUD INISNU Temanggung, Email : septaekapermatasari@gmail.com