HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Menurunnya Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Muda

Lentera24.com --- Pancasila memiliki kedudukan nilai-nilai yang kuat maka perlu ditanamkan agar terus bertumbuh dengan baik dalam kehidupan...


Lentera24.com --- Pancasila memiliki kedudukan nilai-nilai yang kuat maka perlu ditanamkan agar terus bertumbuh dengan baik dalam kehidupan antargenerasi. Namun generasi muda sekarang nilai junjung tinggi terhadap nilai-nilai pancasila menjadi menurun, sejarah-sejarah bangsa Indonesia yang sudah tumbuh lama kini sudah tidak diterapkan lagi pada generasi muda. Maka perlu digali penyebab apa saja yang terjadi.


Berbagai konflik yang terjadi di masa sekarang, membuat generasi muda lupa dengan adanya nilai pancasila sejak dulu. Banyak generasi muda yang mengabaikan terhadap nilai pancasila dan lebih memilih dalam fashion, makanan dan berbagai budaya dari luar Indonesia. Untuk membentangi diri ini dari kehancuran generasi muda, maka adanya kesadaran diri sendiri untuk kebaikan bangsa.


Sehingga bangsa ini harus kembali pada nilai-nilai pancasila yang dapat diamalkan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, sangat disayangkan jika nilai-nilai pancasila tidak lagi diterapkan pada generasi ini. Sebab lunturnya nilai pancasila pada generasi muda karena beberapa faktor yang perlu dipehatikan. Berikut ini penyebabnya yang perlu kita ketahui dan perlu untuk menjadikan suatu kesadaran.

1. Kurangnya Peranan Pendidikan Agama dalam Pembentukan Sikap Remaja

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam pembentukan sikap adalah pendidikan agama, karena dengan agama kita dapat menanamkan pendidikan moral dan pembinaan mental. Pendidikan agama harus ditanamkan sedini mungkin agar seseorang memiliki kepribadian yang baik. Kurangnya pendidikan agama dapat menyebabkan seseorang memiliki kepribadian yang buruk dan mudah tergoyahkan oleh arus globalisasi.


1. Kurangnya Pendidikan Pancasila di Lingkungan Keluarga, Sekolah maupun Masyarakat


Pendidikan pancasila harus di mulai dari berbagai lingkungan, baik pendidikan dalam keluarga maupun di sekolah. Karena pendidikan pancasila sangatlah penting bagi para generasi muda Indonesia agar dapat membentuk karakter masyarakat yang unggul dan berakhlak mulia. Karakter merupakan perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, lingkungan, dan kebangsaan.

Untuk menanamkan moral yang baik pada generasi sekarang, orang tua juga harus memiliki karakter yang lebih baik terlebih dahulu yang dapat dijadikan contoh bagi anak. Pendidikan di lingkungan sekolah juga penting karena peran seorang guru dalam membentuk karakter siswa sangat penting, karena dengan karakter yang baik di sekolah nantinya membawa dampak yang baik di lingkungan luar.


Bagaimana cara agar nilai-nilai pancasila dapat diterapkan? Dengan cara melakukan kebiasaan setiap hari seperti berdoa setiap kegiatan, belajar mengajar, dan menumbuhkan sikap peduli sesama, saling menghargai dan tidak membeda-bedakan antara satu dengan lain. Contoh-contoh seperti itu sangat penting untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari. Agar nilai-nilai pancasila ini terjaga dan tidak pudar.


Pendidikan pancasila di masyarakat tentu penting, sebagaimana semboyan yang dimiliki bangsa Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Walaupun negara Indonesia terdiri dari beragam suku, tetapi kebersamaan antar seluruh umat tetap dijunjung tinggi. Perwujudan pancasila dalam kehidupan sehari-hari berarti pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidup.


Dengan demikian pancasila akan tetap terjaga kelestariaannya, dan tidak akan ada yang mengubah atau mengganti dengan ideologi lain. Hal tersebut dikarenakan pancasila merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai tersebut antara lain nilai keagamaan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan kerakyatan dan nilai keadilan sosial. Di dalam nilai-nilai tersebut tentu saja mempunyai makna yang penting.


Setiap silanya memiliki nilai kehidupan yang harus diamalkan semua warga negara Indonesia. Menerapkan sikap positif terhadap pancasila memerlukan kesadaran diri masing-masing. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan suatu cerminan dari kehidupan masyarakat Indonesia dan secara tetap telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia.


Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjaga nilai-nilai tersebut. Upaya menjaga dan menguatkan nilai-nilai pancasila di masyarakat dapat dilakukan dengan melalui pendekatan budaya, sehingga dapat mengembangkan kebudayaan lokal yang ada di masyarakat. Hal ini penting untuk dilakukan agar masyarakat selalu mengamalkan nilai-nilai pancasila. Dengan begitu nilai-nilai pancasila selalu hidup dan berkembang.***

Penulis : Pryditzia Presdiranti (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)