HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Apakah Palestina Sudah Merdeka? Ini Statusnya

Lentera24.com | International -- Konflik Israel dan Palestina memang belum menunjukkan tanda-tanda menemukan titik terang. Kalian mungkin a...

Lentera24.com | International -- Konflik Israel dan Palestina
memang belum menunjukkan tanda-tanda menemukan titik terang. Kalian mungkin akan bertanya apa Palestina sudah merdeka?

Baru-baru ini konflik Palestina dan Israel justru semakin meruncing dengan serangan terbuka yang dilakukan oleh kedua pihak. Untuk Anda yang penasaran, apa Palestina sudah merdeka secara resmi dan bagaimana statusnya? Simak penjelasan berikut.

Status Palestina
Sebenarnya secara umum, Palestina sudah merdeka. Hal ini ditunjukkan dengan proklamasi rakyat Palestina yang telah dilakukan hampir 33 tahun yang lalu.

Proklamasi Palestina ini sendiri dinyatakan oleh Yasser Arafat, selaku Ketua Organisasi Pembebasan Palestina di Aljir, Aljazair. Idealnya, setelah sebuah bangsa menyatakan kemerdekaan, penjajahan di tanahnya sudah lenyap. Namun yang terjadi pada Palestina, seperti diketahui bersama, tidak pada keadaan ideal.

Kemerdekaan Palestina ini sendiri juga sebenarnya sudah diakui oleh lebih dari 135 negara yang tergabung dalam PBB, yang jika ditotal berarti sebesar lebih dari 82% penduduk dunia sudah mengakuinya. Meski demikian, sebanyak sekitar 50 negara masih bersikukuh untuk tidak mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Beberapa negara yang belum mengakui Palestina sebagai negara adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang, Jerman, dan Kanada. Ada yang mendukung upaya menyelesaian konflik Palestina dan Israel. Tapi Eritrea dan Finlandia justru secara terbuka menyatakan diri tidak mendukung negara Palestina.

Israel menjadi salah satu negara yang tidak mengakui kemerdekaan Palestina. Israel juga menjadi pihak yang paling getol melebarkan wilayah negaranya untuk terus mendorong perbatasan Palestina.

Konflik Israel dan Palestina
Bangsa Palestina sendiri masih mengalami penjajahan dari Israel, yang terus melakukan penggusuran, perusakan, pengusiran, serta pembatasan aktivitas pada rakyat di perbatasan kedua negara tersebut. Konflik berkepanjangan ini mungkin tidak akan selesai hingga di satu titik dimana muncul pengakuan internasional, bahwa terjadi kolonialisme yang dilakukan Israel pada Palestina. Ketika hal tersebut muncul, maka mungkin konflik akan mulai menemukan titik terang dan perdamaian.

Jika dilihat secara umum, seharusnya memang wilayah Palestina tak lagi bisa mendapat gangguan dari negara lain, termasuk Israel. Partisipasi dari negara-negara di dunia secara aktif sangat diperlukan untuk membantu penyelesaian konflik tersebut. Bahkan jika benar terjadi, maka bisa saja terjadi kejahatan secara internasional pada konflik tersebut.

Mari kita nantikan saja bagaimana perkembangan situasi dan kondisi konflik tersebut. Yang pasti, pertanyaan apa Palestina sudah merdeka telah terjawab. Semoga informasi ini membuka pengetahuan Anda. [] I Made Rendika Ardian | Suara