HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

FPRM Prihatin Nasib Nelayan Aceh Yang Selamatkan 99 Etnis Rohingya

Lentera 24.com | LANGSA -- Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin ( FPRM) Nasruddin sangat prihatin nasib nelayan aceh yang menyelamatkan 99...


Lentera24.com | LANGSA -- Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin ( FPRM) Nasruddin sangat prihatin nasib nelayan aceh yang menyelamatkan 99 etnis Rohingya di laut kini tersandung masalah dengan koperasi sebagai pemilik boat. 

Dari keterangan yang disampaikan oleh Tekong Boat Faisal, kepada pihaknya bahwa dirinya saat ini mengalami kerugian hampir 50 juta untuk memperbaiki boat karena pasca boatnya di amankan oleh penegak hukum sejumlah alat mesin boat hilang 

Belum lagi utang sewa boat sama koperasi selama 3 bulan sebesar 30 juta, semua ini harus saya tanggulangi sendiri, padahal apa yang saya lakukan waktu itu semata mata untuk kemanusiaan demi menyelamatkan Etnis Rohingya yang terapung apung dilaut sekitar 4 mil dari pesisir Pantai lancok, Kecamatan Seunudon Aceh Utara ungkapnya kepada sejumlah relawan. 

Menyikapi hal tersebut Ketua FPRM Nasruddin meminta kepada pemerintah, LSM maupun lembaga donatur lainnya untuk dapat meringankan beban para nelayan yang telah menyelamatkan Etnis Rohingya di Aceh. 

"Kalau ini dibiarkan saya khawatir kedepan tidak ada lagi nelayan yang berani membantu orang yang membutuhkan bantuan di laut karena dianggap salah," ujar Nasruddin, Jumat (18/09). 

Padahal setiap nelayan wajib mematuhi hukum adat laot, jangan kan orang yang membutuhkan pertolongan di laut binatang sekalipun wajib di tolong, nah kenapa ketika Faisal menyelamatkan 99 nyawa manusia seakan akan dia telah berbuat kesalahan sehingga boatnya sempat ditahan.

Selain itu FPRM mendesak panglima laot provinsi aceh agar dapat membantu tekong boat Faisal yang sedang mengalami masalah baik dengan penegak hukum maupun dengan koperasi. 

Mengingat Faisal merupakan nelayan miskin, jangan kan untuk membayar utang sebanyak itu, untuk makan saja mengalami kesusahan " ungkapnya

Lebih lanjut Nasruddin mengatakan seharusnya apa yang dilakukan oleh Faisal  mendapatkan apresiasi baik dari pemerintah maupun dari lembaga lembaga kemanusiaan atas penyelamatan 99 Etnis Rohingya. 

Namun yang terjadi hari ini dirinya harus menanggung semua kerugian dan seakan -akan apa yang di lakukan oleh nelayan aceh ini kejahatan yang harus mendapatkan hukuman" imbuhnya. [] L24-Redaksi