HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

80 Pemuda Aceh Tamiang Ikuti Pelatihan Operator Mesin Pengolahan Sawit

Lentera 24 .com | ACEH TAMIANG -- Setelah  pelatihan berbasis Kompetensi Program Skill Development Center (SDC) selama sebulan yang melibatk...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Setelah pelatihan berbasis Kompetensi Program Skill Development Center (SDC) selama sebulan yang melibatkan sebanyak 128 orang peserta ditutup oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, MKn pada Senin (28/9/20) kemarin. Kini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang kembali menggelar pelatihan Kepada sebanyak 80 orang warga Kabupaten Aceh Tamiang usia produktif.

Pelatihan kembali tersebut baru dibuka pada Selasa (29/9/20) tadi untuk 80 orang peserta pelatihan operator mesin pengolahan kelapa sawit yang dibuka di Aula Dinas Informasi Komunikasi dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang.

"Pembukaan Pelatihan tersebut tadi ikuti secara online oleh segenap peserta dengan tetap mengikuti petunjuk Protokol Kesehatan (Prokes) dan dibuka oleh pejabat di Kementerian Perindustrian dari Jakarta," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang, Ir H. Muhammad Zein, Selasa (29/9/20) tadi.

Sementara itu, Kabid Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja Mustafa, SP, dikonfirmasi menyatakan, Pelatihan operator mesin pengolahan kelapa sawit yang akan dilaksanakan di PKS PT Bumi Sama Ganda (BSG) di di Desa Akur Manis Kecamatan Rantau.

"Peserta sebanyak 80 orang itu dibagi menjadi dua angkatan, angkatan pertama 40 orang mulai tanggal 29 September sampai 10 Okktober 2020. Sedangkan untuk Angkatan yang kedua diwacanakan akan dimulai sejak tanggal 11 Oktober sampai 23 Oktober di PKS yang sama, yakni di PKS PT BSG," tandas Mustafa.

Dari beberapa kali pelatihan yang digelar melalui Disnakertrans tersebut, menurut Kabid yang akrab disapa Mustafa Puteh tersebut dengan pola perekrutan peserta melalui sistem data baseline yang ada di dinas Nakertrans.

"Tujuan dilakukan pelatihan-pelatihan sejumlah mata kegiatan prektek lapangan ini untuk memberdayakan pemuda yang belum memiliki pekerjaan," jelas Mus Puteh.

Diterangkannya, pelatihan yang bertujuan untuk pemberdayaan pemuda, juga untuk memberikan peluang untuk mendapatkan lapangan kerja secara mandiri maupun bekerja pada perusahaan yang ada.

" Inti dari kegiatan pelatihan ini adalah, Pemerintah bertujuan untuk membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran bagi warga Kabupaten Aceh Tamiang ini," pungkas Mustafa Puteh. [] L24-002