Bupati Atam Buka Bimbingan Manasik Haji 2019

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Pembukaan Bimbingan manasik haji ikatan persaudaraan haji indonesia (IPHI) kabupaten Aceh Tamiang Hari ini digelar, dengan Bertemakan "Haji mabrur Balasanya Syurga", puluhan perwakilan Para Calon jamaah Kecamatan hadir untuk menyaksikan pembukaan yang dilaksanakan oleh Bupati Aceh Tamiang yang bertempat di gedung Aula serbaguna Kankemenag Atam.



Menurut Laporan Ketua IPHI kabupaten Aceh Tamiang yang diwakili oleh Haji Anwar Fadli mengatakan bahwa Bimbingan Manasik Haji ini merupakan bimbingan tahun yang ke empat dan menurut beliau apa yang telah dilakukan ini menurut para calon jamaah di aceh tamiang sangatlah bermaanfaat.

"Insya Allah kegiatan Manasik Haji ini akan dilakukan pada setiap minggu dengan 15 kali pertemuan dan Anggaran pelaksanaan kegiatan Manasik haji ini insya allah kita lakukan secara Mandiri yaitu dengan pemungutan biaya sebesar 500 ribu rupiah perjamaah selama 15 kali pertemuan," ungkapnya.

Selain itu Haji Anwar Fadli juga mengatakan dalam laporanya bahwa kuota peserta jamaah haji sekabupaten aceh tamiang ini insya allah berjumlah 120 jamaah dan jumlah ini berpariasi dari setiap kecamatan sekabupaten, dan Jamaah terbanyak adalah Jamaah dari kecamatan Karang Baru dan Kota Kualasimpang.

Acara pembukaan Bimbingan Manasik Haji ini dibuka oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.kn selain Bupati turut hadir juga Kepala kantor kementerian Agama kabupaten Aceh Tamiang Drs. Hasan Basri, MM dan Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara Salamina Razali, MA.

Dalam Pembukaanya Bupati Aceh Tamiang mengatakan bahwa pemerintah daerah Sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Aceh Tamiang yang telah menggagas dan melaksanakan acara ini.

Pemerintah sangat mendukung pelaksanaan acara Manasik Haji dan Umrah ini karena Kegiatan Manasik ini sangatlah penting dilaksanakan bagi Para Jamaah yang akan berangkat menunaikan Haji, selain itu Manasik ini merupakan bekal pengetahuan dan wawasan bagi Jama'ah.

“Calon Haji tidak cukup hanya dengan diberikan buku pedoman saja, sementara dalam pelaksanaannya justru dituntut untuk mempraktekkannya dalam bentuk ritual sekaligus gerakan fisik, berikut bacaan, do'a maupun tata caranya, jadi Kepada para Jamaah Calon Haji, saya berharap agar dapat mengikuti manasik dengan baik dan benar, dengan harapan menjadi haji yang mabrur karena bimbingan manasik haji ini merupakan suatu keharusan bagi para Jama'ah Calon Haji jika menginginkan kualitas ibadah haji yang sempurna dan agar pengorbanan harta, tenaga dan waktu tidak sia-sia," imbuh Bupati.

Setelah Pembukaan yang dilaksanakan oleh Bupati Aceh Tamiang, Kemudian acara dilanjutkan dengan Pembimbingan tahap awal tata cara pelaksanaan Haji bagi calon jamaah Haji. [] L24-RED

Berita ini sebelumnya telah ditayangkan di media online TamiangNews.com, dengan judul "IPHI Atam Gelar Pembukaan Bimbingan Manasik Haji 2019"

Diberdayakan oleh Blogger.