Jelang Pileg pan Pilpres Satuan Kepolisian Polres Atam Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu Damai

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Dalam mengantisipasi kericuhan jelang Pemilu Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang, Satuan kepolisian Polres Aceh Tamiang gelar pelaksanaan Simulasi pengamanan pemilu Damai Pileg dan Pilpres (Pemilihan Legislatif Dan Presiden), Pelaksanaan Kegiatan Tersebut yang berlangsung dilapangan Tribun Belakang Kantor Bupati Aceh Tamiang Jln.Ir.Juanda Desa Bundar Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (28/11/2018).



Dari hasil pantauan dilapangan, Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, di isi dengan serangkaian acara yang diawali dengan Sekenario simulasi pengamanan kotak suara pemilihan pilpres dan pemilihan pileg tahun 2019 serta melakukan Tindakan terpadu petugas pengamanan TPS dan linmas dalam menanganin kerusuhan dipusat TPS, Dan pada saat membawa kotak suara dari TPS ke PPK.

Selain itu, Dalam pelaksanaan Simulasi tersebut, Acara dilanjutkan dengan menampilkan berupa adekan I (Pertama), Masa Kampanye Dalam pesta pemilihan umum Pilpres dan Pileg 2019 , Partai politik yang sudah tetapkan sebagai peserta pemilu, Yang juga telah ditetapkan masa kampanye akan berlangsung hingga 13 April 2019 dan akan dilaksanakan kampanye serentak tahun 2019.



Lebih lanjut, Seusainya pelaksanaan kegiatan tersebut diisi dengan menampilkan Adegan 1 (Pertama), Selanjutnya acara diteruskan dengan adegan II (Dua) tema tersebut yang menceritakan  memasuki Masa minggu tenang, Terlihat dari Pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas disibukan dengan melakukan Patroli  dilingkungan wilayah hukum Polres Aceh Tamiang, Sampai dengan memasuki Adegan dalam Melakukan pendistribusian logistik kotak suara dan kertas suara oleh KIP Aceh Tamiang dengan mengunakan mobil KIP Aceh serta dalam pengawalan ketat keamanan dari pihak kepolisian Polres Aceh Tamiang untuk disimpan di gudang PPK kecamatan setempat dan akan didistribusikan ke PPS yang di kawal oleh aparat keamanan, Hasil pantauan pihak wartawan dilapangan.

Pantauan selanjutnya, Acara diteruskan memasuki adegan lainya dengan melakukan Pencoblosan di TPS, dan terlihat Masyarakat sangat antusias dalam melakukan pencoblosan di TPS , setelah selesai pemungutan suara dan mendapatkan hasill penghitungan, kemuduan hasil tersebut dibawa menuju kekantor KIP Aceh Tamiang, Disamping itu ketika Surat Suara akan diantarkan kekantor KIP dalam perjalanan muncul sekelompok massa menghadang dan meminta utuk di adakan pemilihan ulang.



Terlihat dari acara tersebut yang Memasuki acara selanjutnya adegan Ke 4 (Empat) melakukan Rekapitulasi di kantor KIP berjalan dengan baik dan mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian di kantor KIP, Karena terlihat dari hasil tidak memuaskan massa pendukung dari salah satu  partai mendatangi kantor KIP, Dan terlihat Tim negosiator yang stanbay di kantor KIP  memberikan arahan kepada massa , Tetapi massa tetap meminta KIP melakukan pencoblosan ulang dengan tidak mengindahkan arahan dari negosiator, karena massa semakin beringas dengan massa pun jumlah semakin banyak, Maka Satuan Dalmas untuk mengatasi massa dengan mengerahkan mobil AWC ( Air Water Canon ), Terlihat situasi semakin tidak kundusif maka satuan kepolisian Polres Aceh Tamiang mendatangkan Kompi PHH dari satuan Brimob untuk mengatasi massa yang sudah melakukan anarkis, sehinga situasi tidak dapat dikendalikan dengan baik serta dari pihak ratusan massa melempari pasukan PHH dengan air yang dibungkus dengan plastik dan terlihat pasukan pengamanan menembakan gas air mata serta satuan Brimob melumpuhkan 3 (Tiga) orang dari massa bagian kaki dengan Timah panas yang dianggap sebagai provokator, Seusainya rangkaian acara simulasi tersebut berlangsung, Pihak Kepolisian beserta Sekelompok Massa berfoto bersama yang menandakan pelaksanaan acara tersebut berjalan sukses.

Pelaksanaan Acara tersebut dihadiri oleh, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, Mkn, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, Sik, MH, Dandim 0117/Atam diwakili Kasdim Mayor Inf A. Yani, Danyonif Raider Khusus 111/KB Letkol Inf Guruh Tjahyono, Ketua MPU Atam Drs. Ilyas Mustawa, Kepala Pengadilan Atam a.n. Irwansyah Nasution,SH, Wakil Ketua II DPRK Atam Nora Idah Nita, SE, Ketua KIP Atam Ishak Ibrahim, S.pd.

Wakapolres Aceh Tamiang a.n. Kompol M. Nuzir,  Kasatpol PP dan WH Atam  Amirullah, WD, Dansub Pom Atam Lettu CPM Hafiz, Kanit Sabara Polres Aceh Tamiang AKP. Niti Prayitno, SE, Kabaops Polres Atam AKP Sukirno, SH, Anggota DPRK Atam a.n. Zulkifli,Jajaran SKPK Kab. Atam, Ketua Partai Peserta Pemilu di Kab. Atam. [] L24-014 (Andi)

Diberdayakan oleh Blogger.