Sentra Gakkumdu Pusat Optimalisasi Penanganan Pemilu

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang bersama Kepolisian Resor Aceh Tamiang dan Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, gelar rapat koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Rabu (03/10) di Ruang rapat Panwaslih setempat.



Rapat koordinasi tersebut, dimaksudkan untuk optimalisasi penanganan tindak pidana menyongsong pemilu tahun 2019 mendatang. "Kita harapkan rapat ini nantinya dapatewujudkan penegakan hukum yang terpadu, efektif, cepat dan netral," kata Ketua Panwaslih Aceh Tamiang Imran SE saat membuka rapat tersebut.

Berdasarkan Perbawaslu No 9 tahun 2018, lanjut Imran SE, koordinator Gakkumdu dipegang Iptu Dimmas (Kasatres polres atam / koordinator Gakkumdu unsur kepolisian), Yusnar Yusuf Hasibuan (Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang/Koordinator Gakkumdu unsur kejaksaan) dan Ferry Irawan Nasution, SH (Ketua Koordinator unsur Panwaslih).

Sementara itu, Kordiv Hukum penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Panwaslih Aceh Tamiang, Ferry Irawan Nasution menyampaikan, tidak dipungkiri bahwa penegakan hukum pemilu yang bermasalah menjadi salah satu faktor penyumbang terjadinya pidana pemilu. Oleh karena itu, kata Imran, dengan adanya forum ini diharapkan akan ada komunikasi yang efektif dan optimal dalam meminimalisir pelanggaran pemilu.

Turut hadir, pada rapat tersebut, Koordinator Devisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Lindawati MPd, dan Penyidik serta Jaksa yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu. [] L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.