HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Mengemukakan Teknologi Komputer Yang Mendukung Sistem Informasi Akuntansi

Reghita Putri Aulia Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang Lentera24.com - Sala...

Reghita Putri Aulia Mahasiswi Semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com - Salah satu bidang akuntansi yang paling terpengaruh dengan perkembangan teknologi informasi adalah Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Sistem informasi Akuntansi (SIA) ialah suatu komponen yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa, serta mengkomunikasikan informasi dan pengambilan keputusan yang relevan kepada pihak di luar perusahaan dan pihak intern.

Tidak hanya itu, Sistem Informasi Akuntansi (SIA) juga merupakan rangkaian sumber daya, seperti orang dan perlengkapan yang didesain untuk memperbarui data keuangan serta lainnya menjadi informasi buat komunikasi keaneka macam pihak penghasil keputusan.

Saat ini sistem informasi merupakan bagian penting dan berguna bagi manusia yang kebutuhannya terus meningkat dari waktu ke waktu. Sistem informasi dapat dikatakan bermanfaat bagi proses pengambilan keputusan apabila akurat, tepat waktu, dan relevan. 

Sistem informasi saat ini diakui sebagai sumber daya atau investasi yang harus dikembangkan oleh suatu perusahaan dan diharapkan dapat berjalan dengan baik agar dapat menjadi sumber daya yang menyediakan informasi secara cepat dan akurat, serta dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi tercapainya tujuan informasi.

Sistem informasi mesti dapat diterima serta digunakan bagi seluruh karyawan di dalam organisasi sehingga penanaman modal yang besar pada logistik sistem informasi bakal diimbangi dengan produktivitas yang tinggi. Sebagai pendukung penting bagi perusahaan, akuntansi telah menjalani perkembangan pesat teknologi informasi. Diantaranya, akuntansi adalah sistem informasi yang membukukan data keuangan untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Sistem informasi Akuntansi (SIA) pada suatu entitas bisnis berperan menjadi muara yang berasal dari seluruh transaksi yang dilakukan pada proses bisnis. 

Biasanya, SIA dalam kemitraan bisnis dikembangkan secara individual. Penggunaan sistem informasi akuntansi juga dilakukan secara terpisah dari sistem informasi yang mendukung proses bisnis lainnya yang dilakukan oleh entitas bisnis.

Penggunaan teknologi dalam produksi informasi harus mempertimbangkan tujuannya. Sering dijumpai bahwa teknologi yang digunakan untuk menghasilkan informasi seringkali tidak tepat atau tidak dimanfaatkan secara optimal oleh penggunanya, sehingga informasi yang dihasilkan tidak banyak memberikan manfaat bagi perusahaan.

Pada saat ini, Teknologi Informasi sangat berkembang seiring dengan kemajuan peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur seperti perangkat keras, aplikasi, penyimpanan data, serta teknologi komunikasi. 

Perkembangan Teknologi Informasi tidak hanya menghipnotis dunia usaha, tetapi pula mempengaruhi bidang lain seperti kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dll. dampak yang sangat terasa adalah pengolahan data berubah yang awalnya berasal dari sistem manual dan sekarang menjadi sistem komputerisasi. 

Beberapa studi telah membagikan bahwa teknologi informasi memiliki dampak yang signifikan terhadap sistem informasi akuntansi, tetapi keterampilan personal komputer tidak mempunyai akibat yang signifikan terhadap sistem informasi akuntansi.

Secara fundamental personal komputer merupakan alat yang dapat menerima data, mengolah serta menyimpan dan menyajikan hasil pengolahan data tersebut sebagai output. Keahlian pada penggunaan komputer dapat diartikan menjadi kemampuan seseorang untuk mengoperasikan personal komputer yang didukung dengan kemampuan intelektual yang memadai. Sesuai definisi bahwa pada keahlian penggunaan komputer memberikan penguasaan seorang terhadap personal komputer yang berkaitan dengan software, hardware, program-program personal komputer yang didukung. 

Bagi para pemakai wajib mengetahui serta memahami teknologi info yang dipergunakan perusahaan pada sistem informasinya. Bila pemakai mempunyai keahlian terhadap sistem info, pemakai akan merasa lebih mudah dalam memakai sistem dengan baik. Penerapan SIA dapat mempertimbangkan pemakaian sistem informasi yang diterapkan agar dapat berguna sesuai dengan tugas serta kemampuan pemakai.

Manfaat Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi Akuntansi 

Manfaat teknologi informasi untuk sistem informasi akuntansi sangat penting sebab sangat didukung untuk mendorong sebuah organisasi agar lebih unggul. Teknologi informasi pula dapat memudahkan karyawan pada pengelolahan data yang dibutuhkan dalam kegiatan operasional perusahaan. 

Tidak hanya itu saja, teknologi informasi dapat memudahkan manusia pada komunikasi, mencari dan menelusuri banyak sekali informasi terkait berita dan ilmu pengetahuan juga informasi-informasi lainnya. Teknologi informasi juga dapat mengelolah serta memproses informasi terhadap data, serta bisa memanajemen data yang dimilikinya supaya memudahkan para pemilik perusahaan untuk menyimpan, mengambil ,dan mencari data.

Manfaat Teknologi Komputer Terhadap Sistem Informasi Akuntansi 

Teknologi komputer juga sangat bermanfaat bagi SIA sebab dapat meluangkan informasi yang akurat serta tepat waktu sampai-sampai bisa melakukan kegiatan secara efektif serta efisien. Bisa juga sebagai pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian serta konsentrasi dari komputer lebih tinggi, dan dapat mempertinggi efisiensi. 

Teknologi komputer juga menaikkan keterampilan dalam mengambil keputusan yang benar, menaikkan kualitas serta mengurangi ongkos setiap produk dan jasa yang dihasilkan. Teknologi komputer sangat cocok untuk akuntansi karena dapat menambahkan efisiensi pada bagian keuangan, serta meningkatkan pengetahuan terdapat sistem informasi akuntansi.

Teknologi komputer juga memiliki keuntungan terhadap sistem informasi akuntansi, yaitu:

1. Kecepatan proses sebab sistem komputer bisa menerima informasi yang relatif cepat dari pada menggunakan sistem manual sebab teknologi komputer mampu melakukan sejumlah pekerjaan secara bersamaan dengan kecepatan yang tiggi. 

2. Teknologi personal komputer mampu mendapatkan volume output yang lebih banyak.

3. Memposting data secara otomatis. Pekerjaan pembukuan pada akuntansi dan pelaporan finansial dapat dicetak setiap kali secara otomatis, sehingga mempermudah pekerja dalam membuat laporan finansial dan pemungutan keputusan. 

4. Pencetakan dokumen mampu lebih banyak karena bisa dilakukan secara berulang kali dalam waktu yang cukup singkat menggunakan tingkat kecermatan yang tinggi.

5. Tingkat pengamanan data yang terjamin. pada program selalu dilengkapi dengan menggunakan password agar untuk memungkinkan bahwa hanya karyawan saja yang bisa mengakses data tersebut. Dengan ini teknologi komputer bisa lebih aman dan tidak bisa diakses sembarang oleh orang lain selain pemegang password.

Dengan menerapkan teknologi komputer untuk mendukung sistem informasi akuntansi dapat mempermudahkan para pekerja mendapatkan informasi lebih strategis dan dapat membantu banyak orang dalam berkomunikasi dengan lebih mudah. Sistem ini juga dapat mempercepat proses produksi dan layanan, juga membantu membuat peningkatan yang efektifitas untuk mencapai hasil laporan keuangan yang benar. ***

Dengan menerapkan teknologi komputer untuk mendukung sistem informasi akuntansi dapat mempermudahkan para pekerja mendapatkan informasi lebih strategis dan dapat membantu banyak orang dalam berkomunikasi dengan lebih mudah. Sistem ini juga dapat mempercepat proses produksi dan layanan, juga membantu membuat peningkatan yang efektifitas untuk mencapai hasil laporan keuangan yang benar. ***