HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Hiburan Malam, Berbahaya Bagi Kesehatan Para Remaja

Jeremy Hot Batahan Siagian Fakultas Ilmu komunikasi Jurusan Marketing Communication   Universitas Binus University  Lentera24.com - Kegiata...

Jeremy Hot Batahan Siagian Fakultas Ilmu komunikasi Jurusan Marketing Communication
 Universitas Binus University 

Lentera24.com - Kegiatan hiburan malam sudah menjadi hal umum bagi kehidupan sosial para anak muda saat ini. Kita dapat melihat banyak sekali para remaja berada di bar atau klub malam yang ada di setiap kota di Indonesia. Hal ini membuat para orang tua menjadi khwatir dengan kesehatan anak-anak serta pergaulan mereka. Dunia malam membawa banyak sekali dampak buruk bagi tumbuh kembang seorang remaja. Dalam dunia malam terdapat banyak sekali hal-hal yang tidak sehat, seperti alkohol, rokok, obat-obatan, seks bebas, dan lain-lain.

Sudah seharusnya bagi para orang dewasa untuk mengimbau para remaja untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan hiburan malam sebelum umur di atas 21 tahun. Tubuh dan mental para remaja pastinya tidak sekuat para orang-orang dewasa, kondisi mental para remaja pastinya masih labil atau bimbang terhadap pemilihan keputusan. Maka dari itu sebelum kecanduan lebih baik di hentikan. 

Berikut adalah contoh beberapa penyakit yang disebabkan oleh kegiatan dunia malam.
1. Kanker
Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan  sel abnormal ini dapat merusak ssel normal disekitarnya dan di bagian tubuh yang lain. kanker adalah penyakit yang merupakan penyebab kasus kematian terbanyak di seluruh dunia. kanker pada umumnya di sebabkan oleh kebiasaan merokok yang pernah di konsumsi pasien selama hidupnya. 

2. Penyakit liver
Penyakit liver disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol secarar berlebihan. Hal ini terjadi karena alkohol bersifat toksik untuk sel-sel hati, terutama ketika hati menyaring alkohol dari dalam darah.

3. HIV ( Human Immunodefiency Virus )
HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengna menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. Penularan HIV dapat terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, serta ASI. HIV adalah penyakit seumur hidup. Dengan kata lain, belum ada cara untuk menyembuhkan penyakit ini dari tubuh orang yang terjangkit virus HIV.

Dari penjelasan tentang dampak dari dunia malam bagi para remaja, sudah seharusnya kita khwatir dan menjaga kesehatan tubuh kita. Saya mengimbau bagi para orangtua di luar sana untuk menjaga para remaja agar tidak terkena pergaulan bebas yang menyebabkan mereka bermain di dunia hiburan malam. ***

Refrensi : 
Anggeaningsih, D Bahaya Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol. osf.io, https://osf.io/preprints/wtv2q/

Oktavianus, A (2021). Bahaya minuman beralkohol bagi kesehatan., osf.io, https://osf.io/preprints/ucwjx/

Miftafaroh, A (2017). Dunia Gemerlap Malam Mahasiswa Yogyakarta. E-Societas, journal.student.uny.ac.id, <https://journal.student.uny.ac.id/index.php/societas/article/download/9115/8786