HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kegiatan Edukasi di Praktikkan Mahasiswa PMM UMM Kelompok 38 Gelombang 14

calon intelektual yang melakukan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 38 Gelombang 14 Th 2021 (dok...

calon intelektual yang melakukan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 38 Gelombang 14 Th 2021 (dok.Lentera24.com) 

Lentera24.com | JOMBANG
- Sejumlah kegiatan Edukasi yang dilakukan oleh para calon intelektual yang melakukan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang
 Kelompok 38 Gelombang 14 Th 2021 antara lain Edukasi Cuci Tangan yang Baik dan Benar, Edukasi Cara Memakai, Melepas, dan Membuang Masker yang Benar dan Edukasi Cara Duduk yang Baik dan Benar/Duduk yang Ergonomis. 

Adapun Edukasi Cuci Tangan yang Baik dan Benar dilakukan disalah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Jombang yaitu SDN Tanjungwadung. 

Hal ini disampaikan oleh Haries Achsan Dhanie Fauzi mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang kepada Lentera24.com baru baru ini. 

Menurut Hari esok Achsan, kegiatan ini dilakukan mengingat masih banyak sekali anak-anak yang menyepelekan cuci tangan, padahal cuci tangan adalah hal penting karena ada hal yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu. Senin, 27 September 2021
Selain itu, cuci tangan juga dapat meluruhkan kuman, bakteri, kotoran dan sebagainya. Kegiatan edukasi cuci tangan yang dilakukan sesuai dengan anjuran WHO.

Begitupun Edukasi cara memakai, melepas, dan membuang masker yang benar, PMM UMM Kelompok 38 Gelombang 14 juga melakukan edukasi kepada anak-anak di SDN Tanjungwadung tentang cara memakai, melepas, dan membuang masker yang benar. 

Seperti kita ketahui bahwa penularan virus Covid-19 pada saat ini dapat menular melalui percikan yang dikeluarkan pada saat kita sedang berbicara atau batuk. 

Penularan terjadi ketika percikan tersebut terhirup oleh orang lain yang ada disekitar kita, Selasa, 28 September 2021

Terdapat beberapa jenis masker diantaranya masker kain, masker bedah, dan masker N95. Masker juga dikenal sebagai alat pelindung diri. Dikatakan sebagai pelindung diri karena masker dirancang untuk memberikan sebuah perlindungan terhadap pemakainya bukan sebaliknya menjadi sarana penularan karena penggunaan yang salah.

Oleh karena itu penggunaan masker pada kondisi pandemic Covid-19 seperti ini sangat efektiv dalam pencegahan agar terhindar dari Covid-19. Selain itu cuci tangan juga sama pentingnya seperti memakai masker. Saat ini juga pemerintah juga sangat gencar untuk mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker.
3. Edukasi Cara Duduk yang Baik dan Benar/Duduk yang Ergonomis, PMM UMM sedang melakukan edukasi tentang cara duduk yang baik dan benar.
Di masa pandemi Covid-19, hampir semua kegiatan dilakukan secara online, salah satunya kegiatan pembelajaran.  Rabu, 29 September 2021

Hal ini yang membuat para pelajar menghabiskan waktunya di depan laptop maupun Gadget, namun, terlalu lama duduk dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan tulang punggung.

Postur tubuh yang kurang tepat dan posisi yang tidak ergonomis saat duduk dapat menyebabkan kelainan tulang belakang seperti skoliosis, lordosis, dan kifosis. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi kepada para pelajar mengenai postur yang baik dan duduk ergonomis untuk mencegah terjadinya kelainan tulang belakang.

Penyuluhan diawali dengan menampilkan video edukatif mengenai posisi duduk yang baik dan benar di layar LCD. Kemudian salah satu anggota PMM menjelaskan materi bagaimana posisi duduk yang baik dan salah, posisi membaca/menulis serta memberikan contoh secara langsung. 

Di akhir acara penyuluhan PMM kelompok 38 gelombang 14 mengadakan kuis berhadiah yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terkait materi yang telah di sampaikan. Siswa siswi terlihat sangat antusias menjawab pertanyaan yang di berikan oleh kelompok PMM. Sebagai bentuk apresiasinya seluruh siswa mendapatkan hadiah kenang-kenangan berupa stiker dan gantungan kunci. []L24.Red