HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Efektivitas Mendengarkan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar

Manuturi Andrew J. Rajagukguguk Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Universitas Brawijaya Malang.  Lenter...

Manuturi Andrew J. Rajagukguguk Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Universitas Brawijaya Malang. 

Lentera24.com - Pada dasarnya, musik adalah segala bentuk bunyi yang diungkapkan menggunakan ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik terdiri dari beberapa unsur, yaitu melodi, harmoni, ritme, dan timbre. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. 


Musik adalah sebuah fenomena unik yang dihasilkan oleh beberapa alat musik. Namun seni musik tidak hanya sebatas bunyi/suara yang dihasilkan dari alat musik, apa pun yang bisa menghasilkan bunyi/suara itu bisa dianggap sebagai musik istilahnya disebut dengan musik alam, bahkan suara langkah kaki manusia yang sedang berjalan, suara desiran angin, suara hantaman ombak itu sudah bisa dianggap musik walaupun tidak ada unsur kesengajaan dari perbuatan makhluk.


Musik bisa menghibur dan menentramkan hati karena mampu merangsang rasa bahagia yang dikirim oleh otak lalu diiringi oleh detak jantung yang menyesuaikan irama lagu yang didengar, sehingga menimbulkan perasaan nyaman. Musik didengarkan untuk mengiringi suatu gerakan atau kegiatan. Musik bisa mempengaruhi perasaan, dan perasaan mempengaruhi pembelajaan.


Musik dapat digunakan dalam relaksasi untuk memperoleh konsentrasi dalam menerima pembelajaran. Belajar sambil mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan konsentrasi belajar seorang siswa. Musik yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian adalah musik dengan tempo yang lebih lambat. Musik dengan tempo lambat tersebut dapat ditemukan dalam semua genre, salah satunya adalah musik instrumen.


Jenis musik yang dapat memengaruhi konsentrasi belajar dalam proses pembelajaran diantaranya ialah musik-musik populer (misalnya Baroque String Conceert) sangat efektif untuk membaca dan konsentrasi, sedangkan musik Klasik dan Baroque, apabila dirancang secara khusus dapat meningkatkan konsentrasi dan keinginan belajar. Hal ini dapat memberikan gambaran adanya hubungan antara musik dengan respon seseorang yang sebenarnya tidak jauh dari hubungan emosi antar musik dan pendengar. ***