HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Kupen

Foto : Ilustrasi/disdik purwakarta Anak merupakan generasi penerus dalam keluarga dan negara, mereka perlu dididik dengan baik agar memiliki...

Foto : Ilustrasi/disdik purwakarta

Anak merupakan generasi penerus dalam keluarga dan negara, mereka perlu dididik dengan baik agar memiliki potensi yang berkembang pesat, sehingga menjadi manusia yang berkepribadian baik, dengan banyak keterampilan dan kemampuan yang bermanfaat. Oleh karena itu, penting bagi keluarga dan lembaga pendidikan untuk berperan dan bertanggung jawab dalam memberikan berbagai bentuk dorongan dan bimbingan yang tepat guna menciptakan generasi penerus bangsa yang tangguh. 

Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak tentang pentingnya Pendidikan Agama dan Moral sejak dini, orang tua dan guru wajib mengenalkan pendidikan agama kepada anak sejak usia dini. Karena di usia dini anak lebih mudah menerima stimulasi, sehingga melalui pembiasaan mengenalkan nilai-nilai agama sejak dini akan membentuk moral dan kepribadian anak. Karena anak usia dini mulai dari usia 0-6 tahun merupakan golden age yang harus diasah agar menjadi generasi yang baik dan berakhlakul karimah.

Yang mengajarkan pendidikan paling pertama dan utama adalah dari keluarga, karena keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak, orang tua harus mengajarkan agama dan moral anak sejak usia dini meskipun hanya dasar-dasarnya saja seperti tentang sopan santun, tata krama, membedakan hal-hal baik dan buruk dan lain-lain, agar anak memiliki bekal ilmu yang akan dibawa sampai dewasa nanti. Selain dari keluarg, anak juga memerlukan pendidikan di sekolah yang diajarkan oleh guru dan belajar bersama teman sebaya yang lain. Pada saat di sekolah anak akan diajarkan tentang nilai dan agama yang lebih banyak, seperti tentang doa-doa harian, hadist-hadist sederhana, surah-surah pendek, bacaan sholat serta gerakannya, dan lain sebagainya.

Di RA Masyithoh Kupen, nilai-nilai agama dan moral ditanamkan melalui pembiasaan, pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di RA Masyithoh Kupen yaitu seperti saat anak baru datang harus mengucapkan salam, ketika memasuki ruangan dianjurkan melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu, dan menyalami guru sebelum dan sesudah kegiatan. Pembiasaan lainnya adalah dengan membaca Asmaul Husna setiap pagi sesudah berdoa, menghafalkan surah-surah pendek, doa-doa harian, hadist-hadist sederhana, pengenalan huruf hijaiyah, menghafal nama-nama nabi dan kisahnya, serta menghafal nama-nama malaikat beserta tugasnya. Tidak hanya itu, di RA Masyithoh Kupen juga menerapkan pembiasaan yang dilakukan satu kali dalam seminggu. Pembiasaan tersebut dilakukan setiap hari Jumat dengan mengajarkan anak bersedekah meskipun hanya dengan 500 rupiah sisa uang jajan yang mereka miliki, karena sesungguhnya bersedekah itu bukan tentang jumlah yang diberikan tetapi tentang keikhlasan dari seseorang saat melakukan sedekah. Saat anak terbiasa bersedekah sejak dini, tentunya anak akan terbiasa melakukan sedekah jika ketika anak sudah menginjak dewasa, itulah pentingnya mengajarkan bersedekah pada anak sejak dini. 

Pembiasaan lain yang dilakukan setiap hari Jumat adalah belajar tentang tata cara wudhu dengan gerakan serta doa sebelum dan sesudah wudhu, tata cara sholat yang benar sekaligus melatih bacaan agar fasih beserta dengan gerakan yang benar sesuai dengan syariat, dan membaca beberapa sholawat bersama ketika telah selesai melakukan doa sebelum memulai kegiatan. Tujuan pembiasaan-pembiasaan diatas adalah untuk membangun karakter anak yang berakhlak mulia, pribadi anak yang bermoral, memiliki sopan santun, dan kebiasaan-kebiasaan yang baik lainnya. Tentunya guru mengajarkan pembiasaan-pembiasaan tersebut tidak hanya dengan hafalan, namun menggunakan lagu atau tepuk agar anak mudah untuk mengingat dan menghafal serta tidak mudah saat diajarkan pembiasaan tersebut.[]

Pengirim : Ika Widyas Tuti, Mahasiswa INISNU Temanggung , email : ikawidyast@gmail.com