HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Ingatanku kenanganku, Memori Jangka Panjang (long term memory

Ingatanku kenannganku, pengapa begitu? karena semua ingatan tentang peristiwa-peristiwa yang pernah aku alami semuanya adalah rangkaian dari...

Ingatanku kenannganku, pengapa begitu? karena semua ingatan tentang peristiwa-peristiwa yang pernah aku alami semuanya adalah rangkaian dari peristiwa yang sangat berkesan bagi ku, seperti pertama kali ulang tahun ku dirayakan, kelulusan pada saat SMA, sampai kenangan pertama kali aku memasuki universitas.


Foto : Ilustrasi
Banyak ingatan yang hanya berlalu begitu saja yang kalau ditanya apa yang aku lihat pada saat sepulang dari kampus hari ini aku tidak akan sanggup menjawabnya karena apa yang aku lihat bukanlah suatu hal yang menarik atau berharga. Memori jangka panjang yang aku miliki adalah ingatan yang sangat mempunyai arti bagiku, bukan hanya sekedar hal yang membahagiakan akan tetapi juga hal-hal yang menyedihkan bagi ku. 

Semua itu tersimpan pada memori jangka panjang. Ingatan atau memori jangka panjang yang berisi pengalaman yang tidak menyenangkan, tidak akan bisa membuat aku patah semangat dan jatuh terlalu dalam kedalam kesediahan. Bagiku pengalaman yang tidak menyenangkan itu akan menjadikan aku sebagai orang yang kuat, sabar, dan mampu belajar dari semua kesalahan dan kegagalan.

Memori adalah elemen pokok dalam sebagian besar proses kognitif. Tidaklah mengherankan bahwa memori menjadi subjek utama penelitian para peneliti dahulu William James di Amerika dan Hermann Ebbinghaus di Jerman. Sebagai sebuah topik penelitian, memori sempat diabaikan ketika dunia psikologi Amerika Obsesi dengan Behaviorisme (Solso, Maclin, Maclin. 2007:158).

Sulit bagi kita untuk membayangkan kapasitas dan durasi informasi yang ditampung dalam LTM, namun kita masih bisa menyusun perkiraan menganai karakteristik-karakteristik tersebut. Informasi yang paling samar sekalipun dapat kita ingat. Sebagai contoh, anda mampu mengingat dan merasakan tempat pertama kali anda mencicipi makanan tertentu, anda mampu mengingat nomor telepon anda, anda mampu mengingat trategi memenangkan permainan terbaru fi Xbox atau PS (Solso, Maclin, Maclin. 2007:182)

Pengirim : 
Ruri Jaliani
Email : rurijaliani27@gmail.com