HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Seberapa Sering Botol Air Minum Harus Dicuci?

Lentera 24.com | JAKARTA -- Kita umumnya tidak menganggap air dalam botol air yang bisa dipakai berulang kali berbahaya bagi kesehatan. Fak...

Lentera24.com | JAKARTA -- Kita umumnya tidak menganggap air dalam botol air yang bisa dipakai berulang kali berbahaya bagi kesehatan. Faktanya kuman berkembang dalam kelembaban, termasuk mikroba di udara seperti bakteri, virus, dan jamur.

Foto : Republika
Menurut ahli mikrobiologi Miryam Z. Wahrman, PhD, profesor biologi di dan penulis The Hand Book: Surviving in a World-Filled World, kuman-kuman dapat mencemari air dalam botol yang dapat digunakan kembali. Terutama jika meninggalkan tutupnya terbuka ketika sedang tidak minum darinya.

"Segera setelah Anda minum seteguk itu, sisa air dalam botol akan memiliki bekas apa pun yang ada di bibir dan di mulut Anda. Bahkan mungkin ada partikel makanan di dalam air jika Anda makan dan minum,” kata Wahrman seperti dilansir dari laman Reader Digest.

Anda berpotensi memiliki kuman dan partikel makanan di dalam air. Faktor tersebut menjadi alasan untuk tidak mudah berbagi atau minum dari botol orang lain. Yang paling baik adalah memiliki botol khusus untuk tiap anggota keluarga.

Anda juga harus berhati-hati dengan tempat meninggalkan botol air. Lingkungan yang lembab dan panas memacu pertumbuhan bakteri terutama jika itu botol bening di bawah sinar matahari, di dalam atau di luar. "Mikroba hidup hanya menyukai air dan suhu hangat," kata Wahrman. Itu termasuk mobil dan bagian bawah tas olahraga.

Apa risiko tidak mencuci botol air secara teratur? “Botol air yang terkontaminasi dapat mengirimkan hampir semua yang dapat Anda tangkap dari kontak biasa dengan orang lain,” kata Wahrman.

Termasuk pilek dan flu dan juga banyak infeksi lain yang jarang terjadi. “Itu tidak berarti bahwa setiap kuman yang Anda temui akan membuat Anda sakit, karena kami memiliki kekebalan dan hambatan lain terhadap kuman, seperti asam lambung kami, misalnya, yang membunuh mikroba. Tapi terkena mikroba tak dikenal yang tidak perlu dapat meningkatkan risiko penyakit Anda,” jelas Wahrman.

Jadi seberapa sering Anda harus mencuci botol air yang dapat digunakan kembali? Setidaknya satu kali, setiap hari, kata Wahrman. Pada akhir hari, kosongkan botol air Anda yang dapat digunakan kembali.

Jangan pernah menutupinya dan mencampur air segar dengan air lama, cuci dengan sabun cuci piring dan air, bilas dengan baik untuk menyingkirkan sabun, dan isi kembali dengan air tawar. [] REPUBLIKA