HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Facebook Janji Tingkatkan AI untuk Deteksi Video Teroris

Lentera 24.com | JAKARTA -- Facebook berupaya untuk menghentikan penyebaran video penembakan yang terjadi di masjid Selandia Baru. Raksasa ...

Lentera24.com | JAKARTA -- Facebook berupaya untuk menghentikan penyebaran video penembakan yang terjadi di masjid Selandia Baru. Raksasa jejaring sosial itu tampaknya 'kebobolan' karena tidak langsung menghentikan video pada saat terjadi aksi penembakan.

Foto : Okezone
Dalam posting-an terbaru, Facebook VP of Integrity Guy Rosen membahas keberhasilan dan kekurangan perusahaan dalam mengatasi situasi tersebut serta rencananya untuk mencegah video seperti itu menyebar di jejaring sosial masa depan, seperti dilansir Engadget.

Dia menjelaskan bahwa sementara AI platform dapat dengan cepat mendeteksi video yang berisi tindakan bunuh diri atau berbahaya, tetapi siaran penembakan tampaknya tidak terdeteksi.

Kabarnya, untuk dapat melatih AI yang cocok untuk mendeteksi jenis konten tertentu, platform membutuhkan volume data pelatihan yang besar.

Seperti yang dijelaskan Facebook, hal seperti itu sulit diperoleh karena "peristiwa ini sangat jarang". Selain itu, tidak ada dari mereka yang pernah menonton siaran langsung yang melaporkannya. Laporan pengguna pertama datang 29 menit setelah siaran dimulai dan 12 menit setelah siaran langsung berakhir.

Live hanya ditonton kurang dari 200 kali, sementara video aslinya ditonton 4.000 kali secara keseluruhan.

Rosen juga menjelaskan mengapa lebih dari 300.000 salinan dapat beredar di platform setelah sistem Facebook sudah mendeteksi dan menghapus 1,2 juta salinan video setelah diunggah. Dia mengatakan ada "komunitas inti aktor jahat" yang terus mengunggah versi video yang diedit.

Dengan mengubah sedikit dan tidak mengunggah salinan asli dari yang asli, mereka mampu menghindari filter platform. Beberapa bahkan memainkan aslinya di komputer mereka dan kemudian merekamnya di ponsel mereka.

Secara keseluruhan, Facebook mampu mendeteksi lebih dari 800 varian video, masing-masing berbeda secara visual.

Untuk mencegah video serupa agar tidak beredar di masa depan, Facebook berencana untuk meningkatkan AI yang cocok dengan memberikannya kekuatan pendeteksian berbasis audio. [] OKEZONE