Sambut Jumat Perdana, Kades Kerahkan Warga Bersihkan Masjid

Lentera24.com | SUBULUSSALAM -- Menyambut gelar shalat jumat perdana di Masjid Al Ihklas, Desa Kuta Tengah, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam, Kepala Desa (Kades) kerahkan semua warga untuk kerja bhakti, khusus di masjid dan lingkungannya, Jumat (6/9).

Foto : Foto bersama Wali Kota, H. Affan Alfian Bintang, SE dan Wakil Wali Kota, Drs. Salmaza, MAP dengan jamaah Masjid Al Ikhlas, Desa Kuta Tengah usai jumat perdana di sana, Jumat (6/9)
Pj. Kades Kuta Tengah, Taruli Berutu didampingi mantan Kades, Jaslim Berutu di sela-sela kerja bhakti kepada media ini mengaku, pihaknya semula meminta pendapat kepada Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang untuk hal itu, Kamis (5/9) malam. Namun spontan ditegaskan wali kota untuk dilaksanakan perdana, Jumat (6/9) 

"Bapak Wali Kota bilang segerakan saja perdana besok, Jumat (6/9)," jelas Taruli Berutu harus ekstra mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut dengan kepentingan itu.

Dikatakan, bagian dalam bangunan masjid berlantai keramik berukuran 10x10 m2 dengan luas lokasi 37x17m 2 diharapkan mampu menampung jamaah warga Kuta Tengah khususnya, berjumlah 79 KK dan 309 jiwa, sesuai laporan jumlah penduduk, Februari 2019.

Di sisi lain, Taruli mengaku tidak meragukan kekurangan jamaah karena hanya berjarak sekira 200 meter dari masjid itu ada asrama dan Makodim 0118/Subulussalam.

"Untuk jamaah kita tidak perlu ragu, warga kita imbau turut serta memakmurkan masjid ini," terang Taruli selama ini warga di sana harus ke masjid desa tetangga, seperti Kampung Baru dan Cepu untuk menunaikan shalat jumat.

Taruli juga mengapresiasi dukungan wali kota dan pihak terkait karena pasca berdiri desa ini belum diizinkan menyelenggarakan shalat jumat. Karenanya Taruli minta semua warga Kuta Tengah khususnya tidak menyia-nyiakan fasilitas di sana.

Pantauan Jumat pagi, selain warga bersama aparatur desa dan penguruh jamaah, tampak sejumlah personel Kodim 0118 ikut kerja bhakti di sana. 

Ikut shalat jumat perdana dengan khatib, H. Burhanuddin Berkat, SH, mantan salah seorang pejabat Aceh Singkil dan Kota Subulussalam itu Wakil Wali Kota Salmaza, sejumlah pejabat dan anggota DPRK Dapil Penanggalan.

Usai jumat digelar silaturahmi antar warga setempat dengan semua jamaah dirangkai makan bersama makanan khas Pakpak "pllng". [] L24-013 (Khairul)
Diberdayakan oleh Blogger.