HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Elemen Sipil Dukung Pemugaran Situs Makam Sulthan Peureulak

Lentera 24.com | ACEH TIMUR -- Elemen sipil yang tergabung dalam komunitas cinta sejarah Aceh Timur, mendukung sepenuhnya lanjutan pemugara...

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Elemen sipil yang tergabung dalam komunitas cinta sejarah Aceh Timur, mendukung sepenuhnya lanjutan pemugaran situs sejarah Makam Sulthan Kerajaan Islam Peureulak di Desa Bandroeng Kecamatan Peureulak, Aceh Timur.


“Informasi yang kita peroleh selama ini disinyalir ada pihak yang mencoba mengusik Pembangunan situs makam Sulthan Peureulak yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh. Kita sebagai putra Peureulak dan Aceh Timur mengharapkan semua pihak untuk mendukung kelangsungan lanjutan pembangunan situs bersejarah itu,” kata Ketua LSM Komunitas Aneuk Nangroe (KANA) Muzakir, Jumat (16/8) siang. 

Muzakir menengaskan, mengingatkan kepada pihak yang tidak berkepentingan orang –orang dari luar Aceh Timur untuk tidak mengusik pembangunan situs sejarah tersebut. Ayo kita dukung dan kita berikan ruang gerak kepada Pemerintah Aceh yang telah sudi mengucurkan anggaran untuk pemugaran situs sejarah di daerah kita,” tegas Muzakir. 


Hal senada juga diucapkan Koordinator Lembaga Solidaritas Peduli Anggaran (SaPA) Aceh, Rizalihadi, kepada wartawan. Menurutnya, pembangunan lanjutan lantai dua dan taman di situs makam Sulthan Peureulak harus segera dilanjutkan oleh Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh. 

“Hal yang mengembirakan bagi kami masyarakat Aceh Timur, ketika mendengar adanya pembangunan dan pemugaran situs sejarah makam-makam Sulthan Peureulak itu. Kita ketahui bersama bahwa situs Makam Sulthan Kerajaan Islam Peureulak adalah salah ikon sejarah terpenting di Nusantara ini, dan pemugaran situs tersebut adalah impian masyarakat Aceh Timur yang telah lama,” ketus Rizalihadi.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Peureulak, Hasan Basri Maken mengatakan, bahwa masyarakat Kecamatan Peureulak khususnya dan Aceh Timur pada umumnya memberi peluang sebesar-sebesanya kepada Pemerintah Aceh untuk melanjutkan pemugaran situs makam Sulthan Kerajaan Islam Peureulak. 

“Kami masyarakat Peureulak mendukung sepenuhnya lanjutan pembangunan situs makam Sulthan Peureulak. Kenapa kita haru mengusiknya, ketika pemerintah sudah serius membangun situs sejarah di daerah kita. Kami masyarakat Peureulak meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh untuk melanjutkan pembangunan pemugaran makam-makam bersejarah di Kabupaten Aceh Timur ini,” ucap Hasan Basri Maken. 

Penggiat Media Aceh Timur, Ilyas Ismail juga menyampaikan hal yang sama. Ia berharap pemugaran semua situs makam bersejarah di Aceh Timur harus berjalan dengan lancar dan tidak ada pihak yang melakukan intervensi terhadap kelancaran pembangunan situs –situs sejarah di daerah ini. 

“Situs sejarah seperti Makam Sulthan Kerajaan Islam Peureulak adalah peradaban daerah kita masa lampau yang haru menjadi potensi wisata di Aceh Timur, agar anak cucu kita mengetahui akan sejarah bangsanya tempo dulu,” ujar Ilyas Ismail. 

Ilyas Ismail meminta DPRK Aceh Timur untuk memberi dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Aceh, agar kelanjutan pembangunan pemugaran situs sejarah Kerajaan Islam Peureulak berjalan maksimal dan dan dapat dimanfaatkan sebagai ajang pelestarian sejarah di Bumi Nurul Akla ini. [] L24-012 (M. Amin)