HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Dosen Muda Unsam Lakukan Pengabdian Masyarakat di Aceh Timur

Lentera 24.com | ACEH TIMUR --   Dosen Universitas Samudera Langsa melakukan pengabdian kepada masyarakat Desa Cot Muda Itam Kecamatan Peu...

Lentera24.com | ACEH TIMUR --  Dosen Universitas Samudera Langsa melakukan pengabdian kepada masyarakat Desa Cot Muda Itam Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur, bertempat di Balai Pertemuan Desa Cot Itam, Kamis pagi (15/08).


Menurut informasi yang diterima media via WhatsApp dari salah seorang Dosen di Universitas Samudera, asal Bumi Muda Sedia, Aceh Tamiang, Dr. Tengku Muhammad Sahudra, M.Pd. "Pengabdian kepada masyarakat merupakan kewajiban seorang dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, dan kegiatan ini di hadiri sebanyak 30 orang masyarakat sebagai peserta."

Lanjutnya lagi, "tahun 2019 ini Tim PKM Unsam yang di ketuai oleh Ibu Rita Syntia, ST, MM dan anggota Meri Andriani, S.T, M.T serta Dr. Tengku Muhammad Sahudra, M.Pd melaksanakan Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Desa Cot Muda Itam Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur." 

Sementara menurut Rita, "kegiatan pengabdian ini diharapkan agar masyarakat Cot Muda Itam dapat mengolah Sumber Daya Alam yang ada menjadi bahan jadi, seperti Ikan menjadi kerupuk dan abon. Jadi, hasil tangkapan ikan dari bapak nelayan, dan setelah tiba di rumah hasil tangkapan tersebut dapat diolah oleh si ibu menjadi bahan jadi," jelas Rita.

Tambahnya lagi, "pada kesempatan ini, tim PKM Unsam bukan hanya melatih masyarakat saja, namun juga memberikan bantuan alat - alat yang dibutuhkan dalam pengolahan ikan menjadi kerupuk dan abon tersebut, dan alat - alat dimaksud akan menjadi barang inventaris desa yang dapat terus di gunakan dalam rangka mengembangkan usaha yg direncanakan."

"Kerupuk ikan dan abon hasil olahan dr pelatihan ini akan kita daftarkan di BPOM Aceh, agar dapat dijual dipasar, sehingga perekonomian masyarakat akan meningkat," sambung Rita.

Sementara, Adnan, Geuchik Cot Muda Itam mengatakan, "sangat merasa bahagia ada Dosen Unsam yang melakukan pengabdian di Desa yang dipimpinnya, ini akan saya jadi kan inovasi desa, dan saya juga berkeinginan akan membuat koperasi Desa kedepan, agar produk - produk yg telah dibuat dapat mudah dipasarkan," ujarnya.

"Kegiatan pelatihan ini di rencanakan akan terus berlanjut hingga bulan desember 2019 mendatang, dan dalam hal ini kami TIM PKM mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Samudra dan  Kemristekdikti atas Dana Hibah yg diberikan untuk melakukan pengabdian ini," tutup Tengku Muhammad Sahudra. L24-004