Puasa Bisa Bikin Tubuh Awet Muda

Lentera24.com | JAKARTA -- Tak hanya untuk merasakan haus dan lapar, berpuasa ternyata bisa membuat awet muda. Namun, manfaat ini hanya bisa didapat jika puasa dilakukan secara benar.

Foto : Ilustrasi
Ahli gizi sekaligus Ketua PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS, PhD menjelaskan bahwa saat berpuasa, tubuh akan membersihkan sel-sel atau yang disebut juga dengan autophagy. Pembersihan ini dilakukan dengan cara memusnahkan sel-sel yang telah rusak dan zat beracun dari makanan dan minuman. 

“Ada suatu sistem didalam tubuh untuk mengefisienkan ketika tidak ada yang masuk makanan dan minuman. Dimakan sendiri oleh tubuh, itu disebut degan autophagy. Ketika dimakan, maka sel-sel dan zat beracun itu akan pecah menjadi komponen asli zat gizi, asam amino, vitamin, dan mineral. Itu digunakan sebagai tambahan gizi ketika berpuasa," papar Hardinsyah.

"Tubuh ketika puasa 13-14 jam menghasilkan parasut seperti membran sel yang akan nangkapin yang sudah malas dan racun tubuh. Setelah masuk perangkap, ada lisosom. Tugasnya mengurai waktu, direcycle, diurai dan akan segar lagi," tambahnya. 

Sementara, ketika tubuh beristirahat dari makanan dan minum saat berpuasa, maka tubuh secara otomatis akan memunculkan sel-sel baru. Hal inilah yang akan membuat mereka yang menjalankan ibadah puasa menjadi terlihat lebih awet muda. 

"Daur ulang sel yang nggak produktif dan dibuat lagi sel produktif karena puasa. Minimalkan inflamansi terjadilah regenerasi sel dan tampak lebih muda," ujar dia. [] SINDONEWS
Diberdayakan oleh Blogger.