Tim Gabungan Penyelamat Telur Tuntong Lakukan Patroli Pantai

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Sejumlah pihak yang berkaitan dengan kegiatan pelestarian satwa liar langka dilindungi, Tuntong Laut (Batagur Borneoensis) Selasa (22/1) malam hingga Rabu pagi  bergabung turun kepantai Ujung Tamiang, Pusong Kapal, Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang untuk melakukan patroli pantai penyelamatan telur Tuntong laut.


Sebagian dari tim gabungan patroli pantai berfose bersama dipantai ujung Tamiang sembari istirahat melepas lelah. {Foto: Lentera24-Suparmin)
Para pihak dimaksud terdiri dari  Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI), PT Pertamina EP Field Rantau, BKSDA Aceh Resot 12 Langsa dan Kelompok Sadar Wisata (Darwis) Desa Pusong Kapal.

Dalam amatan Lentera24, dari ke 4 unsur yang berperan aktif dalam penyelamatan dan pelestarian spesies tuntong laut tersebut terlihat Sekretaris Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI), Suparmin beserta sejumlah anggota, CSR staff PT Pertamina Field Rantau, Arsy Rakhmanissazzly, Community Development Officer (CDO), Rahmat Hidayat, Arnola Septa, Maulana Hasa, Popy Farida, Kelompok Sadar Wisata (Darwis) Dampingan YSLI dan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Resot 12 Langsa.

Para rombongan yang tergabung dalam tim patroli pantai selat Malaka Kabupaten Aceh Tamiang itu secara bekelompok menelusuri sepanjang pantai Ujung Tamiang yang panjangnya sekitar  7 sampai 8 kilometer.

Kegiatan patroli pantai yang bertujuan untuk menyelamatkan telur tuntong tersebut dilakukan setiap tahun secara rutin sejak bulan November hingga Pebruari.

"Telur telur yang berhasil kita amankan akan kita tetaskan secara alami yang selanjutnya setelah berusia 3 sampai 4 bulan akan kita lepasliarkan kehabitatnya disepanjang DAS sungai Pusong Kapal," ujar salah seorang anggota YSLI, Abdul Hakim.

Sementara itu, CSR staff PT Pertamina Field Rantau, Arsy Rakhmanissazly kepada Lentera24 mengatakan, patroli pantai penyelamatan telur tuntong ini merupakan bagian dari program CSR PT Pertamina Rantau.

"PT Pertamina EP Rantau tetap mendukung kegiatan peningkatan populasi Tuntong laut ini. Dan Alhamdulillah, saat ini jumlah populasinya sudah meningkat," jelas Arsy. [] L24-002
Diberdayakan oleh Blogger.