LSM Gajah Puteh : Anggota Pansus tidak Ikhlas Membela Karyawan PT Semadam

Lentera24.com | ACEH TAMIANG --  Direktur LSM Gajah Puteh, Sayed Zahirsyah, sangat kecewa dengan rekomendasi hasil Pansus  DPRK Aceh Tamiang ke PT Semadam yang disampaikan pada Rapat Paripurna di Ruang sidang utama DPRK setempat, Rabu (07/11).


Kekecewaan itu dirasa pasca penyampaian rekomendasi hasil pansus yang sangat bertolak belakang dengan temuan-temuan yang didapat. Padahal kata Sayed, berdasarkan temuan jelas terlihat PT Semadam diduga telah melakukan sejumlah pelanggaran ketenagakerjaan yang wajib diberikan  sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku. 

Namun kata Sayed, rekomendasi yang dikeluarkan sama sekali tidak membela 68 orang karyawan yang diberhentikan secara sepihak oleh PT Semadam. "Kita inginkan ada tindakan tegas, bukan hasil yang tidak jelas, sehingga Pansus ini tidak terkesan hanya formalitas," ujar Sayed dengan nada tinggi 

Selain itu kata Sayed, tidak maksimalnya hasil pansus juga dikarenakan tidak pro aktif nya seluruh anggota pansus yang berjumlah 17 orang. Bahkan pada saat rapat pembahasan akhir sebelum paripurna, hanya Fadlon dan Juanda sebagai koordinator Pansus serta Irma Suryani selaku ketua Pansus yang hadir.

"Ini menimbulkan tanda tanya besar, mengapa anggota pansus seakan tidak ikhlas membela rakyat kecil, atau ada tekanan sehingga hasilnya tidak maksimal," tegas Sayed.

Bahkan kata Sayed, diduga ada tekanan dan intervensi terhadap anggota pansus dari pihak tertentu untuk tidak bertindak membela karyawan, jika membela karyawan maka dana aspirasi akan hilang.

Untuk itu, Ia atas nama LSM Gajah Puteh selaku pemegang kuasa akan
membawa persoalan ini keranah hukum. Bukan hanya itu ia juga akan menghadap ke DPR RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Ombudsman untuk melaporkan tindakan semena-mena PT Semadam kepada para karyawan.

"Kalau cuma PHI untuk apa dilakukan pansus, dan ini sudah kami diprediksi sejak awal, hasilnya pasti ngambang dan tidak sesuai harapan," pungkas Sayed. [] L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.