Benarkah Pil KB Bisa Menyebabkan Rahim Menjadi Kering?

Lentera24.com | JAKARTA -- Pil keluarga berencana merupakan kontrasepsi berbasis hormon yang dipercaya dapat mencegah kehamilan. Kontrasepsi jenis ini bekerja menggunakan hormon progestin dengan atau tanpa hormon estrogen untuk mencegah ovulasi.

Foto : Sindonews.com
Pil KB akan berfungsi jika dikonsumsi secara teratur. Namun, sebagian wanita percaya bahwa konsumsi pil KB bisa menyebabkan efek samping seperti rahim yang menjadi kering. Karena itu, banyak wanita kerap menghindari pil KB sebagai alat alat kontrasepsi.

"Kalau ada yang bilang pil KB bikin rahim kering dan susah punya anak itu tidak benar karena sekarang kadar hormon dalam pil kontrasepsi sudah sangat dijaga. Bahkan banyak pasien saya telat minum dua hari aja bisa hamil," kata ahli kandungan dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Andon Hestiantoro, SpOG(K).

Sebelumnya, kontrasepsi hormon dengan dosis tinggi memang beredar di pasaran. Kontrasepsi jenis ini menyebabkan efek samping. Namun, saat ini kontrasepsi dengan dosis tinggi tidak lagi diproduksi dan diganti dengan pil KB yang lebih aman.

Menurut dr Anton, untuk mencegah kehamilan tidak diperlukan hormon yang tinggi. Oleh karena itu, peneliti tidak lagi membuat kontrasepsi dengan hormon tinggi. Sebelumnya, dosis pada pil KB sebesar 50 mcg dan saat ini diturunkan menjadi 20 mcg sehingga minim efek samping.

"Sekarang yang minum pil KB malah wajahnya bisa lebih cantik dan segar. Adanya kandungan drospirenon membuat jerawat berkurang dan kulitnya jadi mulus," ujar dia. [] SINDONEWS.COM

Diberdayakan oleh Blogger.