Babinsa Amankan Acara Prosesi Gelar Budaya Sedekah Laut

Lentera24.com | CILACAP -- Babinsa Kelurahan Cilacap Sertu Darno, anggota Koramil 01/Cilacap, laksanakan Pengamanan Prosesi Gelar Budaya Sedelah Laut di Pantai Teluk Penyu Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap, Jum'at (12/10).


Kegiatan tersebut dihadiri okeh unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, Asisten Sekda Cilacap, OPD Cilacap, Kepala BUMN dan BUMD Cilacap, Camat se eks-Kotatip Cilacap, Para Ketua Kelompok Nelayan Kabupaten Cilacap, tamu undangan lainnya serta ribuan warga masyarakat Kabupaten Cilacap. 

Prosesi Gelar Budaya Sedekah Laut  diawali dengan tari budhaya ritual suci/sesaji oleh 14 putri Ketawang Puspawarna dengan menebar bunga melati di Pendopo Kabupaten Cilacap dan selanjutnya penyerahan Joleng secara simbolis oleh Bupati kepada pimpinan pengawal joleng (sesaji) di depan Pendopo Kabupaten Cilacap.

Barisan pengawal joleng yang terdiri dari 8 (Delapan) kelompok nelayan di Kabupaten Cilacap, kemudian membawa semua joleng yang telah disiapkan dengan diarak menuju ke laut yang diiringi oleh kesenian kesenian tradisional. Begitu juga halnya dengan unsur Forkopimda dengan menggunakan kereta kuda melalui route Pendopo Kab. Cilacap-Jln. A.Yani-Jln.Brigjen Sutoyo-Jln. Kol. Sugiono-Jln. Laut-Teluk Penyu.

Setelah sampai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, joleng (Sesaji) diserahkan kepada Tim pelarung untuk selanjutnya dilanjutkan pelarungan ke tengah Laut oleh para nelayan sebagai simbol rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. [] L24-Tarwan
Diberdayakan oleh Blogger.