Menyeruak Pemilu Damai di Kota Langsa

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa, gelar Deklarasi Kampanye Damai, Minggu (23/09) di Lapangan Merdeka Kota Langsa.


Dalam kegiatan tersebut melibatkan partai politik peserta Pemilu, institusi pemerintah, TNI/Polri dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal menyebut, deklarasi kampanye pemilu damai merupakan bagian mengaktualisasikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa lewat hajatan bertajuk pemilihan umum.

Dimulainya kampanye Pemilu 2019, sangatlah tepat bagi KIP Kota Langsa sebagai penyelenggara Pemilu serta memfasilitasi adanya deklarasi Pemilu damai,” tuturnya.

Dikatakannya, sikap yang tertuang dalam naskah deklarasi, nantinya diharapkan bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka. Namun, lebih dari itu, memiliki makna untuk mempertegas sikap peserta Pemilu 2019 Kota Langsa yang mencintai kedamaian.

“Sikap itu nantinya, akan memuat komitmen dan konsisten seluruh calon anggota DPRK Langsa dan menjadi keharusan untuk turut menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses dan tahapan Pemilu 2019,” ujarnya.

Disebutkan, penyelenggaraan kampanye yang merupakan bagian dari tahapan Pemilu diatur dalam PKPU Nomor:28 Tahun 2018 perubahan atas PKPU Nomor:23 Tahun 2018, tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Kampanye dilaksanakan selama lebih 6 bulan dan berakhir 3 hari sebelum pemungutan dan perhitungan suara. Dimulai sejak 23 September 2018 sampai 14 April 2019 atau 3 hari menjelang pemungutan suara,” jelasnya.

Terakhir, Faisal berharap agar pelaksanaan Pemilu di Kota Langsa dapat berlangsung sukses dengan tetap mengedepankan semangat kebersamaan, merawat perdamaian Aceh sehingga terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. [] L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.